Kapolda Metro: Peralihan Polresta Tangerang Tidak Tahun Ini

Komisaris Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
VIVA.co.id
Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini
- Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya), Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, berharap publik tak gaduh dengan rencana peralihan komando Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang ke Polda Banten.

Polda Metro Jaya Pastikan Material Pembuatan SIM Tersedia

Menurut Tito, rencana itu masih dalam tahap pengkajian di Markas Besar Polri, sehingga kemungkinan besar tidak akan diwujudkan dalam tahun ini. Mabes Polri pun perlu mendengarkan saran dan pertimbangan berbagai pihak mengenai baik dan buruk peralihan Polresta Tangerang dari Polda Metro Jaya ke Polda Banten.
Polda Metro Siap Tampung Laporan Soal Makam Fiktif


"Saya perkirakan tidak akan terjadi pada tahun ini. Masih dalam bahasan dan pengkajian di Mabes Polri," kata Tito kepada wartawan di Tangerang pada Rabu, 24 Juni 2015.


Rencana peralihan komando Polresta Tangerang itu bermula dari pernyataan Kepala Polda Banten, Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar. Dia menghendaki wilayah Tangerang Raya masuk dalam wilayah hukum Polda Banten. Rencana itu sudah disampaikan kepada Mabes Polri tetapi belum diputuskan.


Di tempat dan waktu terpisah, Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar, menyatakan tidak sepakat dengan rencana itu. Alasannya, di Kabupaten Tangerang terdapat sejumlah aset vital milik negara yang pengawasannya memerlukan kecepatan, ketepatan, dan keandalan aparat keamanan.


Lagi pula, katanya, kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kini lebih banyak masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tangerang, membutuhkan pengamanan yang ekstra ketat. Ditambah PLTU Mauk, jalan tol maupun kawasan industri, dan lain-lain.


Menurut Bupati, selama ini faktor pengamanan dan keamanan masyarakat di Kabupaten Tangerang sudah terjaga dengan baik dengan adanya Polresta Tangerang yang kendalinya berada di bawah Polda Metro Jaya.


Menurut Zaki, jika terjadi perubahan kendali Polresta Tangerang ke Polda Banten, tentunya akan memengaruhi berbagai bidang pelayanan. Pelayanan kepolisian harus beradaptasi kembali dari awal serta pengaruh pelayanan lainnya.


Wali Kota Tangerang, Arif Wismansyah, berpendapat bahwa koordinasi maupun komunikasi sudah dilakukan dengan baik dengan Polda Metro Jaya. Kota Tangerang telah memiliki rumah tiga pilar di tingkat kelurahan untuk memberikan keamanan dan ketertiban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya