Kapolda: Ramadhan, Kriminalitas di Jakarta Stabil

Kapolda Metro gelar SOTR di Monas
Sumber :
  • VIVa.co.id/Foe Peace Simbolon
VIVA.co.id
Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini
- Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan pada bulan Ramadan, pekerjaan yang diemban anggota kepolisian lebih berat daripada hari biasanya.

Polda Metro Jaya Pastikan Material Pembuatan SIM Tersedia

"Di bulan Ramadan, kerja polisi lebih berat dari biasanya karena kalau di bulan biasa aktivitas orang cenderung ramai di siang hari, kalau Ramadhan karena ada sahur jadi malam hari pun ramai," ujar Tito di Monas saat acara sahur bareng Kapolda dan Kapolres Jakarta Pusat, Minggu 28 Juni 2015.
Polda Metro Siap Tampung Laporan Soal Makam Fiktif


Untuk di Jakarta, terus Tito, tingkat kriminalitas di bulan Ramadhan cenderung stabil, atau dengan kata lain tidak ada peningkatan signifikan. Hal tersebut diketahui lantaran jajaran Polda sudah melakukan langkah antisipasi dan belajar dari ramadhan sebelumnya.


"Ibu kota ini heterogen, jadi kasusnya sangat beragam baik yang dilakukan individu seperti curas, pembunuhan sampai yang kolektif seperti tawuran dan
sweeping
ormas ada semua di sini," ujarnya.


Lebih lanjut Tito mengatakan, kerja berat misalnya dialami oleh Polres Jakarta Pusat seperti mengamankan aksi demo, mengatur kemacetan lalu lintas serta memberikan pengawalan terhadap pejabat penting RI.


"Bayangkan sehari demo bisa 5 sampai 10. belum penjagaan terhadap pejabat-pejabat yang ada. Hal ini tidak sebanding dengan adanya fasilitas yang kurang memadai," terangnya.


Jumlah penduduk di Jakarta tidaklah sedikit, bisa dikatakan jumlahnya sampai 15 juta orang sama dengan jumlah warga Australia. Untuk itu jajarannya berharap masyarakat bisa membantu peran kepolisian menciptakan rasa aman di lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya