Terminal Pulogebang Belum Bisa Layani Mudik 2015

Terminal Pulo Gebang.
Sumber :
  • Anwar Sadat
VIVA.co.id
Pemprov DKI Operasikan Terminal Pulo Gebang Saat Mudik
- Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana menyatakan dua terminal di wilayahnya akan melayani arus mudik dan arus balik lebaran. Terminal Rawamangun dan terminal Kampung Rambutan disiapkan untuk menggantikan rencana sebelumnya yang akan menggunakan terminal Pulogebang sebagai lokasi keberangkatan dan kedatangan pada arus mudik 2015.

Terganjal Izin Menhub, Terminal Pulogebang Urung Diresmikan

Bambang mengatakan, pengoperasian terminal Pulogebang urung dilakukan lantaran belum adanya surat izin dari kementerian perhubungan.
Pulogebang, Terminal Berfasilitas Mal dan Wifi Gratis


"Ada surat izin penggunaan yang belum turun. Padahal terminal sudah siap bangunannya. Sayang itu
enggak
dipakai. (Padahal) lebih baik dipakai rusak dari pada rusak
enggak
dipakai. Karena itu, kan,
maintenance
-nya mahal. Bayar listrik juga mahal," ujar Bambang ketika ditemui di Balai Kota, Senin 29 Juni 2015.


Persiapan terminal bayangan juga tengah dilakukan guna melayani arus mudik pada Lebaran 2015. Dalam hal ini, Wali Kota Jakarta Timur menggandeng Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.


"Rabu kemarin saya rapat dengan Sudin Perhubungan dan Transportasi, saya minta mereka menginventarisir lokasi mana yang jadi terminal bayangan keberangkatan bus," kata Bambang.


Bambang berharap pekan depan pihaknya dapat segera mengantongi kepastian dari Kemenhub untuk segera mengoperasikan terminal Pulogebang. Sebagai informasi, saat ini armada angkutan umum yang biasa beroperasi di Terminal Pulo Gebang sementara waktu ditampung di terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


Terminal Pulogebang dibangun sejak tahun 2010 dengan menghabiskan dana sekitar Rp600 miliar. Terminal itu menempati areal seluas 15 hektare di wilayah Jakarta Timur.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya