Kapolda: Ledakan di Alam Sutera Ulah Pecahan Kelompok NII

Ledakan Bom Terjadi di ITC Depok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan, jika ledakan yang terjadi di Mal Alam Sutera, Tangerang, Kamis, 9 Juni 2015 lalu, kemungkinan adalah bom rakitan.

"Ledakan di Alam Sutera ini diduga bom rakitan, di mana targetnya adalah masyarakat umum," kata Tito di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Sabtu, 11 Juli 2015

Tito juga mengatakan, karakteristik bom tersebut serupa dengan bom yang pernah meledak di ITC Depok pada Senin, 23 Februari lalu. "Ini ada kemiripan juga dengan bom ITC, targetnya juga kepada masyarakat umum," kata Tito.

Dari karekteristik, lanjut Tito, ini merupakan bom eksperimen, dan bom yang ditargetkan kepada umum. Selama ini, yang menargetkan kepada polisi dan masyarakat umum itu adalah Jaringan Non Jemaah Islamiyah (JI) atau pecahan dari NII (Negara Islam Indonesia).

Pemerintah AS Imbau Warganya Hati-hati di Turki

"Jadi tinggal kita lihat lagi saja pecahan NII siapa yang masih eksis sampai saat ini," ujar Tito.

Seperti diketahui sebelumnya, ledakan keras diduga bom terjadi di toilet pria lantai dasar Mal Alam Sutera, Tangerang Selatan. Peristiwa tersebut terjadi Kamis 9 Juli 2015, sekira pukul 12.30 WIB.

Akibat kejadian itu para pengunjung mal panik dan berhamburan keluar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Jenis Cairan Mencurigakan di Pertamina Masih Misterius
Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi Munawar

Bom Madinah, Mengusik Ketenangan Umat Beragama

Teror terhadap pusat kegiatan umat Islam sangat berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2016