DKI dan Pertamina Kerja Sama Bangun PLTG

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM
VIVA.co.id
Ini Jalur LRT yang Siap untuk Asian Games
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Selasa, 14 Juli 2015, mengatakan, kebutuhan listrik di Jakarta akan terus meningkat. Apalagi, jika moda transportasi LRT (Light Rail Transit) mulai beroperasi.

Standar Rel Kereta Ringan Akhirnya Disepakati

"Kita memang harus bisa menambah pasokan energi listrik," kata Ahok, sapaan akrab Basuki, seusai menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pertamina, untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG).
Menhub Jonan Larang Adhi Karya Jadi Operator LRT


DKI menyerahkan mandat pelaksanaan teknis kerja sama dengan Pertamina, kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Saat ini, kajian sudah dilakukan, untuk menentukan lokasi-lokasi pembangunan PLTG dan rancangan konstruksinya.


Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan, semua PLTG ditargetkan telah selesai dibangun dan beroperasi dalam waktu 2-3 tahun. Salah satu lokasi yang disebut Ahok adalah Kepulauan Seribu.


Itu juga menjadi bentuk realisasi, dari komitmen yang pernah disampaikan Ahok dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kepulauan Seribu, pada 7 April 2015, untuk menjadikan kawasan itu destinasi wisata.


"Kepulauan Seribu punya potensi bagus buat bisnis perikanan dan pariwisata," kata Ahok. Selain PLTG, DKI dan Pertamina juga akan bekerja sama pembangunan SPBG, serta penambahan fasilitas pengisian BBG di SPBU.


Jaringan pipa gas juga akan dibangun, untuk menyalurkan gas rumah tangga ke rumah susun milik DKI, serta optimalisasi aset milik Pertamina di wilayah DKI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya