Libur Lebaran, Pemprov DKI Bersih-Bersih Jalanan di Jakarta

Truk Sampah Baru DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Situasi dan kondisi jalan raya ibu kota Jakarta yang sepi, karena mudik lebaran, dimanfaatkan pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta untuk membersihkan jalan-jalan raya Jakarta.

Dishub DKI Ambil Alih Pengelolaan Parkir PD Pasar Jaya

Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan menurunkan 36 unit Sweeper Truck (truk pembersih) selama libur Lebaran 2015 ini. Puluhan armada truk itu digelontorkan untuk membersihkan jalanan kota Jakarta dari sampah.

"‎Selama Lebaran, kami siapkan sarana prasarana kebersihan. Di antaranya 36 Sweeper Truck yang akan membilas sampah di jalan-jalan protokol dan gang-gang," kata Isnawa Adji, Kepala Dinas Kebersihan DKI, Jumat 17 Ji 2015.

Selain itu, Dinas Kebersihan DKI juga menyiapkan 13.000 personil yang disebar ke seluruh wilayah Jakarta mulai dari kelurahan, kecamatan hingga kota dan kabupaten.

Pihaknya juga tidak lupa untuk mengadakan pertemuan dengan seluruh unsur di wilayah seperti lurah, camat, kepala suku dinas dan walikota untuk memaksimalkan sarana prasarana kebersihan selama Lebaran.

"Misalnya gerobak motor yang ada di RT dan RW, itu kami minta dioptimalkan sepanjang musim mudik Lebaran," katanya.

Pria yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu tersebut memfokuskan diri untuk menangani sampah yang ada di jalur-jalur Protokol. "Tetap ada skala prioritas. Jangan sampai di gang-gang bersih tapi di jalur protokol berantakan," kata Isnawa.

Untuk memaksimalkan pelayanan kebersihan di kota Jakarta, ia juga bekerjasama dengan  Petugas Prasarana Sarana Umum (PPSU) yang ada di tiap kelurahan untuk tetap bersiga selama hari raya Lebaran. Mereka diminta berkoordinasi dengan dinas dan suku dinas kebersihan terkait penanganan sampah di setiap wilayah.

"Mereka juga dapat tugas dari Gubernur untuk menangani masalah sampah. Maka dari itu,  peran serta PPSU ini juga sangat kami harapkan,"‎ ujar dia. (ren)

Bus Kemenhub Operasi, Dishub DKI Yakin APTB Hilang
Menkominfo Rudiantara.

Taksi Online Dirazia, Ini Kata Menkominfo

"KIR itu undang-undang dari legislasi, bukan dari regulasi."

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016