Beruntung Saat Terbakar, Pintu Bus TransJakarta Berfungsi

Bus TransJakarta
Sumber :
  • Foe Peace
VIVA.co.id
Bus Transjakarta Terbakar di Kemayoran
- Penumpang Bus TransJakarta yang terbakar di depan Halte Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, berhasil diselamatkan dari kepungan asap dan api berkat pintu otomatis yang masih berfungsi.

TransJakarta Hentikan Operasi Bus Abu-abu Koridor 4 dan 6

Kepala Polsek Metro Jatinegara, Kompol Suwanda, Sabtu 18 Juli 2015, mengatakan penumpang diselamatkan dari dalam bus melalui pintu bagian belakang bus yang masih berfungsi dengan baik.
Lapor soal Layanan TransJakarta, Ahok Akan Beri Hadiah


"Untung pintu otomatisnya masih beroperasional dengan bagus, sehingga mengeluarkan penumpangnya jadi mudah," ujar Suwanda.


Menurut Suwanda, dari kebanyakan kasus terbakarnya Bus TransJakarta, upaya evakuasi penumpang bukan sesuatu yang mudah.


Sebab, selama ini, pintu-pintu yang ada di moda transportasi andalan Pemprov DKI itu, kerap tak dapat berfungsi dengan baik.


Suwanda mengatakan, diduga api yang membakar bus berasal dari bagian bawah mesin bus.


"Awalnya, penumpang tahu keluar asap di belakang mesin, sampai di shelter ini (Stasiun Jatinegara), ia laporan ke driver ada asap. Kemudian, kru lainnya menurunkan penumpang di shelter tersebut," kata Suwanda.


Suwanda mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui lebih lanjut apa penyebab terbakarnya bus tersebut.


"Tadi ada lima unit damkar yang datang ke lokasi. Tetapi, sudah berhasil dipadamkan dengan menggunakan 10 buah Apar (Alat Pemadam Ringan),"ujar dia.


Hingga saat ini, badan Bus TransJakarta yang terbakar masih berada di lokasi. Bangunan Halte Stasiun Jatinegara juga masih utuh, karena api tidak sampai menjalar ke bangunan halte.


Perlu diketahui, bus TransJakarta yang terbakar adalah Bus TransJakarta dengan operator Damri.


 "Sekarang mau di evakuasi akan diderek ke Pool operatornya di Cakung. Untuk sementara, busway yang akan melintasi jalur depan Shelter ini akan dialihkan ke jalur biasa terlebih dahulu, karena masih dilakukan perbaikan terhadap bus yang terbakar ini," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya