Ini Penyebab Bus TransJakarta Terbakar di Jatinegara

Bus TransJakarta
Sumber :
  • Foe Peace
VIVA.co.id
Bus Transjakarta Terbakar di Kemayoran
- Direktur Utama PT TransJakarta, ANS Kosasih menjelaskan kronologis terbakarnya salah satu bus TransJakarta di bilangan Jatinegara, Sabtu 18 Juli 2015 kemarin.

TransJakarta Hentikan Operasi Bus Abu-abu Koridor 4 dan 6

Menurut Kosasih, bus bernomor badan DMR-008 terbakar seusai melakukan penurunan dan pengangkutan penumpang dan baru bergerak sekitar 2 meter dari halte.
Bus TransJakarta Berasap Tebal di Jalan Panjang


Saat itu, petugas onboard
TransJakarta menerima laporan bahwa ada asap di bagian belakang bus. Bus tersebut diketahui bermerk Inobus dengan tahun produksi 2011 serta baru beroperasi sejak tahun 2012.


"Di bagian bawah mesin ditemukan percikan api yang dipadamkan oleh
onboard
dibantu pengemudi dan salah satu penumpang. Dalam waktu sekitar 5 menit api berhasil dipadamkan. Namun bus tidak langsung dijalankan menunggu pemeriksaan dari teknisi," kata Kosasih.


Kosasih mengatakan, dari hasil pemeriksaan teknisi, kebakaran terjadi akibat adanya hubungan arus pendek pada kabel accu (baterai) yang mengalami hubungan pendek sehingga membakar pembungkus kabel. Tiupan kipas mesin menyebabkan timbulnya asap. Mesin bus tersebut sendiri dalam kondisi baik.


"Meskipun bus tidak terbakar karena prosedur keselamatan kami lakukan dengan baik, serta tidak ada korban karena prosedur evakuasi kami lakukan dengan baik. Kami juga sudah melaporkan hal ini kepada Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi yang telah melakukan pemeriksaan lapangan dan memastikan bahwa bus tidak terbakar karena tindakan yang tepat," katanya.


Untuk memberikan pelayanan terbaik, Kosasih memaparkan PT TransJakarta akan mempercepat pengadaan bus-bus baru, terutama yang berbahan bakar diesel, untuk menggantikan bus-bus yang sudah tidak layak jalan atau yang harus diperbaiki dalam jangka waktu cukup lama.


Berdasarkan statistik, bus-bus berbahan bakar diesel memang relatif jarang sekali mengalami risiko terbakar. Untuk bus-bus berbahan bakar gas yang baru, saat ini kami hanya berani melakukan pengadaan bus BBG yang sudah terbukti aman dioperasikan di negara lain.


"Ke depannya kami juga akan Kami belajar dari pengalaman bahwa di London pun peristiwa bus BBG
articulated
terbakar terjadi beberapa kali sehingga pemerintah kota London pun menseleksi bus-bus mereka secara ketat. Sebagian mereka ganti dengan bus diesel, sebagian yang masih menggunakan BBG harus dilengkapi dengan
piranti fire suppression
yang baik karena bus BBG rentan
over-heating
," ujarnya.


Dari informasi yang diberikan, pada tanggal 22 Juli nanti Direksi Transjakarta akan menghadiri acara
ground breaking
produksi 1000 unit bus diesel dengan spesifikasi teknis BRT yang merupakan prakarsa Kementerian Perhubungan RI.


1000 unit bus BRT tersebut akan diproduksi Karoseri Laksana, karoseri yang sama yang membuat badan bus buatan Swedia merek Scania yang telah dioperasikan TransJakarta.


Diperkirakan sekitar 300 dari 1000 bus tersebut akan dioperasikan di Jabodetabek sebagai bus aglomerasi yang akan beroperasi juga di jalur busway dan mengangkut penumpang TransJakarta tanpa perlu membayar biaya tambahan.


Selain itu dalam 2-3 bulan ke depan diharapkan sekurang-kurangnya 120 unit bus diesel ukuran sedang juga dapat beroperasi di jalur busway untuk memenuhi kebutuhan angkutan umum para pengguna jasa layanan TransJakarta.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya