Satpol PP Bantu Warga Kampung Pulo Pindah ke Rusun

Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Jakarta.
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Adimaja

VIVA.co.id -  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta segera mendirikan pos komando (posko) bantuan bagi warga yang kesulitan pindahan rumah. Posko ini memudahkan proses pemindahan warga penghuni bangunan liar di kawasan Kampung Pulo, Jakarta, ke rumah susun (rusun) Jatinegara, Jakarta Timur.

Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal

"Satpol PP akan mendirikan posko, melayani warga yang mau pindah. Kami bantu warga untuk mengepak barang-barang bawaan mereka, juga menyediakan kendaraan untuk mengangkut barang sampai ke rusun Jatinegara," ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadisantosa, yang dihubungi hari ini, Selasa 21 Juli 2015.

Kukuh mengaku pihaknya akan memberikan bantuan secara gratis dengan tidak memungut biaya apapun. Posko bantuan juga sudah didirikan sejak satu bulan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, dibarengi dengan sosialisasi langsung terhadap warga.

Kendati demikian, ia mengaku tidak menutup kemungkinan akan terjadinya penolakan yang berasal dari warga setempat.

"Kami sudah sosialisasi, mudah-mudahan mereka dengan sukarela mau pindah. Lokasi rusun tidak jauh dengan tempat tinggal sebelumnya," kata Kukuh.

Ia menjelaskan, beberapa warga turut antusias dengan pemindahan tersebut, bahkan beberapa diantara mereka melakukan sendiri pembongkaran rumah atau bangunan liar yang selama ini mereka tempati tanpa bantuan dari petugas bersangkutan.

Dari data yang ada, jumlah KK (Kepala Keluarga) yang seharusnya melalukan pindahan adalah sekitar 900 KK, yang menempati sekitar 512 bidang bangunan liar. (ren)

Salahnya Jakarta Cuma Satu, Gubernurnya Bernama Ahok
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono

Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi

Pendemo boleh unjuk rasa asalkan tertib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016