450 Bangunan di Jakbar Bermasalah Perizinan

VIVAnews - Sedikitnya 450 bangunan di Jakarta Barat bermasalah perizinan dan telah dikenakan sanksi pembongkaran dari Suku Dinas  Penataan dan Pengawasan Bangunan (P2B) Kota Administrasi Jakarta Barat.

"450 hingga 500 bangunan yang sudah kena perintah bongkar" ujar Kepala Suku Dinas P2B Kota Administrasi Jakarta Barat, Indrajit H usai membongkar bangunan bermasalah di Meruya Utara, Rabu, 10 Juni 2009.

Bangunan yang telah mendapat Surat Perintah Bongkar (SPB) kebanyakan menyalahi peruntukan yang tertera di IMB. "Biasanya pelanggaran dalam bentuk perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi tempat usaha" ujarnya lagi.

Bangunan yang menyalahi aturan tersebut tersebar di delapan kecamatan dalam wilayah Kotamadya Jakarta Barat. Dari jumlah tersebut, 50 bangunan telah dilakukan bongkar paksa Sudin P2B Jakarta Barat.

Salah satunya adalah bangunan sekolah yang terletak di Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Lahan seluas 2.586 meter persegi itu awalnya difungsikan sebagai bangunan perkantoran.

Namun kenyataannya, di lahan tersebut akan dijadian gedung sekolah swasta dengan luas bangunan 1.289 meter persegi. Bangunan tersebut pagi tadi akhirnya dibongkar oleh Sudin P2B Jakarta Barat.