Tangerang Selatan, Kota Elite yang Baru Miliki Kantor Polres

Bahas Jakarta, Kapolda, Pangdam dan Ormas Kumpul di Mapolda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah menyiapkan lokasi sementara untuk dijadikan Markas Polres Tangsel. Diperkirakan, Agustus 2015 ini Polres Tangsel sudah bisa beroperasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Pemkot Tangsel, Muhammad, mengatakan, markas sementara itu berada di Universitas Pembangunan Jaya di Bintaro, Kota Tangsel.

"Di sana ada gedung bekas kampus. Gedung itulah yang akan dipakai sementara jadi Markas Polres Tangsel. Kita menyewa gedung itu," ujar Muhamad kepada wartawan, usai rapat dengan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian di Polda Metro Jaya, Kamis, 23 Juli 2015.

Soal ini, kata Muhamad, sudah sampaikan ke Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian. Dan disambut baik oleh Tito.

Menurut Muhamad, gedung itu sudah benar-benar siap. Bahkan, dalam pertemuan ini lantaran ada gedung sementara, Tito menyebut bahwa nama Kapolres Tangsel sudah bisa diumumkan pada Agustus 2015, sekaligus dioperasionalkan.

Sebelumnya, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Nandang Jumantara mengatakan, Polres Tangsel nantinya akan membawahi 5 Polsek yang kini berada dibawah Polres Tangerang. Sehingga kelima Polsek sudah benar-benar siap. Sehingga Polda Metro Jaya hanya perlu menyiapkan personel untuk Polres Tangsel saja.

"Nantinya akan ada 700 personel dari Jajaran Polda Metro Jaya yang dipindahtugaskan ke Polres Tangsel. Yang dipilih adalah mereka yang bertempat tinggal di Kota Tangsel," ujar Nandang.

Sementara itu, terkait pembangunan Markas Polres Tangsel yang rencananya akan dibangun di lahan 1,5 hektar di kawasan BSD, sampai kini masih dalam proses persetujuan dari DPRD Kota Tangsel.

Diperkirakan, pembangunan Markas Polres Tangsel yang sebenarnya baru akan dilakukan pada tahun 2016.

Kapolres pangkat AKBP

Antisipasi Ricuh, Polisi Gelar Nonton Bareng Berhadiah

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Mohammad Iqbal mengatakan, Dewan Jabatan Kepangkatan Menengah (Wanjakmen) Polda Metro Jaya kini tengah membicarakan nama-nama perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) untuk menjabat sebagai Kapolres Tangerang Selatan.

Untuk pemilihan Kapolres Tangsel nantinya akan diketuai oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Nandang Jumantara.

"Sedang dicari. Ada beberapa perwira menengah berpangkat AKBP yang dipertimbangkan," ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, semestinya di jajaran Polda Metro Jaya, Kapolres harus berpangkat Komisaris Besar (Kombes). Namun, standar operasional prosedurnya (SOP), lantaran masih baru, maka perwira menengah berpangkat AKBP yang akan dipilih memimpin. Pangkat AKBP berada di bawah satu tingkat dengan Kombes.

"Setelah nanti berjalan, baru nanti disesuaikan dengan pangkat Kombes," kata Iqbal.

Saat ini, berdasarkan informasi ada beberapa nama yang masuk dalam bursa calon Kapolres Tangsel. Seperti Kasat Reskrim atau Wakapolres di jajaran Polres di Polda Metro Jaya."Semua sedang dipertimbangkan oleh Wanjakmen," kata Iqbal.

Kapolda Jamin Keamanan Sopir Taksi dan Ojek Online
Kapolda Metro Jaya, Irjen Moechgiyarto.

Alasan Polisi Tetap Sidik Kasus Dugaan Penipuan Wanita Emas

Hasnaeni saat ini masih berstatus sebagai saksi terlapor.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016