Tugas Berat Menanti Kapolres Tangerang Selatan

Ilustrasi polisi jaga lokasi penetapan calon Gubernur DKI.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Kabur saat Disidang, Napi Narkoba Ditangkap di Rumah Istri
- Pemerintah Kota Tangerang Selatan rencananya akan membuat Markas Kepolisian Resort Tangerang Selatan. Markas Polres Tangerang Selatan nantinya akan dibangun pada tahun 2016.

Ujung Maut Masalah Pelik Polisi

Mengenai siapa yang nanti didapuk sebagai Kapolres Tangerang Selatan, tim Dewan Jabatan dan Kepangkatan Menengah (Wanjakmen) akan memilih Kapolres perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).
Polisi Tewas Gantung Diri di Rumah Kosong


"Nantinya Kapolres Tangsel diproyeksikan untuk polisi berpangkat AKBP, karena memang SOP (Standar Operasional Prosedur) ketika Polres sedang disiapkan polisi berpangkat AKBP memimpin," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 23 Juli 2015.


Nantinya, kata Iqbal, Kapolres Tangsel mempunyai tanggung jawab untuk mengamankan dan mengelola Kamtibmas (Keamanan, Ketertiban Masyarakat) di wilayah Tangerang Selatan.


"Nanti kan Polres Tangsel ada lima Polsek, dan Kapolres yang baru bertanggung jawab mengamankan wilayahnya," jelas Iqbal.


Selain itu, tantangan Kapolres Tangsel yang baru adalah mempersiapkan dan mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan.


"Yang jelas Kapolres Tangsel harus mempersiapkan Pilkada serentak. Rencananya, Agustus berjalan Polres Tangsel dan Desember kan sudah Pilkada, Tetapi Polda Metro Jaya akan melaksankan
back up
karena daerah Polda Metro Jaya kan pada tahun ini hanya dua melaksanakan Pilkada yaitu Tangsel dan Depok," jelas Iqbal.


Permasalahan terorisme juga menurut Iqbal menjadi fokus permasalahan yang dijalankan oleh Kapolres Tangsel nanti.


"Ya jelas itu juga fokus. Selain itu, kejahatan jalanan,
street crime
, masalah buruh, di sana juga sedang berkembang properti. Bagaimana Kapolres baru nanti mengelola Kamtibmas di sana. Meningkatkan daya cegah masyarakat," ungkap Iqbal.


Untuk peresmian Polres Tangsel, Iqbal mengatakan, belum tentu Agustus awal akan diresmikan.


"Secepatnya. Agustus awal belum tentu launching. Mungkin Agustus akhir, Agustus rencana mempersiapkan aspek pendukung. Sementara ini Polres Tangsel akan menempati bekas Universitas Pembangunan Jaya," kata Iqbal. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya