Ahok Janji Lindungi Rumah Ibadah Tak Sesuai Peruntukan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji untuk membela keberadaan rumah ibadah yang telah berdiri puluhan tahun di atas wilayah Jakarta.

Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal

Pembelaan yang dimaksud adalah dengan tidak meruntuhkan rumah ibadah itu meski keberadaannya menyalahi peruntukan.
Alasan Lelang Proyek Anak Buah Ahok Selalu Gagal


"Buat saya, kalau ada rumah ibadah yang telah berdiri lama, akan saya bela," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, usai mengikuti acara halal bi halal di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Juli 2015.


Ahok mengatakan, selama ini banyak rumah tinggal yang disalahgunakan fungsinya menjadi rumah ibadah. Penyalahgunaan fungsi itu dibiarkan selama puluhan tahun karena kurang optimalnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah.


Kini, saat pemilik rumah tinggal yang bersangkutan berniat mengubah peruntukan bangunannya menjadi rumah ibadah supaya tak terkendala saat melakukan renovasi atau perluasan, Ahok mengatakan DKI akan memfasilitasinya dengan memberi kemudahan.


"Rumah yang dijadikan tempat ibadah selama puluhan tahun harus kita mengerti, musti dibedakan dengan bangunan lainnya," ujar Ahok.


Meski demikian, Ahok menunjukkan sikap berbeda terhadap rumah-rumah ibadah yang baru akan didirikan. Ahok mengatakan warga tak bisa seenaknya menjadikan bangunan tempat tinggalnya sebagai tempat ibadah tanpa mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.


Merujuk kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan Nomor 9 Tahun 2006, sebuah rumah ibadah baru bisa didirikan setelah adanya daftar nama serta bukti KTP dari minimal 90 jemaat calon rumah ibadah itu, serta tanda dukungan dari minimal 60 warga yang berada di sekitarnya.


"Kalau Anda dirikan baru, saya musti tanya dulu, Anda sudah minta izin belum," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya