Hijaukan Jakarta, Pemprov DKI Beli 100 Lahan

Ahok Resmikan Patung Gus Dur Kecil di Taman Amir Hamzah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Ahok: Taman Kota Juga Harus Ramah Janin
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah berupaya membeli 100 lahan yang akan dimanfaatkan untuk penghijauan dan area-area ramah anak.

Kebut Target Serapan APBD, DKI Genjot SKPD

"Pembelian sedang berjalan, sedang dilakukan SPH (Surat Pelepasan Hak), salah satunya di Pondok Rangon. Sekarang sudah ada sekitar 150 permohonan bidang untuk pembebasan lahan," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Diah Kurniati, Senin 27 Juli 2015.
Pengamat: Taman di Jakarta Terancam Jadi Apartemen dan Mal


Ratna mengatakan, untuk membeli lahan-lahan yang sudah ditargetkan itu, Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan dana segar sebesar Rp2 triliun.


"Anggarannya Rp2 triliun, tapi baru sedikit yang terpakai. Dengan anggaran itu dan kelengkapan dokumen yang ada kurang lebih kami bisa capai sekitar 100 lahan," ujarnya.


Menurut Ratna, untuk membebaskan sebuah lahan bukan perkara mudah. Bayangkan saja, dari 150 permohonan lahan, baru 10 saja yang sudah dapat dimusyawarahkan karena terkendala oleh kepemilikan tanah atau lahan masing-masing.


"Dalam proses musyawarah, harga kurang lebih baru 10 bidang saja, nanti untuk SPH-nya kita lanjutkan sampai dengan bulan Agustus. Kadang pemiliknya tidak memiliki surat atau dokumen yang lengkap," katanya.


Kendati demikian, wanita yang menggantikan posisi Nandar Sunandar tersebut yakin bahwa sampai dengan penghujung tahun 2015 nanti pihaknya sudah dapat memproses sebanyak sekitar 100 bidang lahan yang akan dijadikan taman dan penghijauan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya