Ahok: Semoga Perluasan Masjidil Haram Cepat Selesai

Masjidil Haram di Makkah sedang diperluas
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, berharap proyek pembangunan dan perluasan Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi, bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Menurut Ahok, panggilan akrab Basuki, akibat proyek perluasan yang telah dilakukan sejak tahun 2007 itu, jumlah kuota jemaah haji dari setiap negara menjadi berkurang.

Indonesia juga terkena imbasnya. Kementerian Agama membatasi jumlah jemaah haji dari Indonesia tahun ini adalah 155.200 orang. Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta mendapatkan jatah sebanyak 5.668 orang.

Warga Jakarta yang baru hendak menunaikan ibadah haji, harus menunggu selama 17 tahun sebelum namanya dimasukkan ke dalam daftar kuota jemaah haji pemerintah.

"Makanya saya harapkan perluasan Masjidil Haram itu cepat. Kalau udah selesai, kuotanya nanti tidak perlu dikurangi lagi," ujar Ahok usai mengukuhkan para petugas haji Jakarta di Balai Kota DKI, Kamis, 13 Agustus 2015.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

aca juga:

Ahok mengatakan, untuk mengakali terbatasnya kuota, Kementerian Agama harus berani membuat peraturan yang mencegah warga yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji, mengambil kuota yang diperuntukkan bagi warga yang belum pernah sama sekali berhaji.

Kementerian Agama, juga harus memastikan agar kasus nepotisme pembagian jumlah kuota haji tak pernah lagi terjadi.

Di wilayah DKI, Ahok, mengklaim Pemprov DKI telah melakukan hal serupa untuk mengoptimalkan jumlah kuota haji yang menjadi jatah DKI. Petugas haji yang ia kukuhkan hari ini, kata Ahok, juga telah dipastikan tidak pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya.

Ahok menilai strategi pemilihan anggota petugas haji dari orang yang sebelumnya belum pernah melakukan ibadah haji adalah hal yang baik. Mereka bertugas untuk membantu ribuan jemaah haji yang berasal dari DKI di tanah suci, sambil juga melaksanakan ibadah haji. Berbekal kemampuannya, mereka tidak perlu menunggu hingga 17 tahun untuk berangkat ke tanah suci.

"Kalau orangnya belum pernah, ini kan sesuatu yang baik. Dia dapat tugas, enggak perlu nunggu sampai 17 tahun," ujar Ahok.

Ahok mengukuhkan sebanyak 40 petugas haji asal Jakarta. Mereka bertugas untuk memandu dan menjadi petugas kesehatan bagi para jamaah haji asal Jakarta. Pada kesempatan yang sama, Ahok juga mengukuhkan 65 petugas haji yang disediakan pemerintah pusat untuk memandu para jamaah haji Jakarta. (ren)

Jemaah berziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi

Satu Jam di Masjid Nabawi

Di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah dan sahabatnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016