Ini Cita-cita Ahok yang Tak Pernah Kesampaian

Ahok di hadapan para anggota Paskibraka
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengaku iri kepada 54 orang siswa SMA/SMK/MA yang ia kukuhkan menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi DKI Jakarta.

Ahok, sapaan akrab Basuki bercerita, sejak menempuh pendidikan sekolah di kampung halamannya di Provinsi Bangka Belitung, memang sangat ingin menjadi Paskibraka. Ia ingin mengibarkan bendera merah putih di upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan.

"Dulu saya pengen sekali, tapi tidak pernah terpilih," kata Ahok di hadapan para anggota Paskibraka yang dikukuhkannya, di Balai Agung Balai Kota DKI, Jumat 14 Agustus 2015.

Seusai masa sekolahnya berakhir, Ahok mengatakan ia menyerah berusaha memenuhi keinginannya. Melihat usianya sekarang, Ahok mengatakan tentu saja keinginannya menjadi anggota Paskibraka tak akan pernah bisa terrealisasi.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Hal itulah yang menyebabkan dirinya merasa iri dengan pelajar yang akan mengibarkan bendera merah putih di upacara peringatan kemerdekaan tingkat DKI di Tugu Proklamasi, pekan depan.

Lebih lanjut, Ahok mengatakan, menjadi seorang pengibar bendera adalah suatu kebanggaan. Bahkan kebanggaan bagi keluarga, teman serta sekolah tempat mereka belajar.

Ia mengingatkan menjadi seorang anggota Paskibraka bukanlah sekadar menjadi seorang yang bertugas menaikkan bendera. Seorang anggota Paskibraka, di kehidupan sehari-harinya, juga harus jadi model bagi generasi muda.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

"Di tengah-tengah sikap patriotisme di masyarakat yang pada hari ini semakin menghilang, kalian harus menjadi model tentang bagaimana seorang warga negara masih berjuang demi bangsa," ujar Ahok.

Sebanyak 54 orang anggota Paskibraka DKI yang dikukuhkan Ahok diseleksi dari 200 siswa dari seluruh sekolah tingkat SMA di Jakarta yang mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya DKI.

Mereka telah mengikuti 2 tahap pelatihan yang dilakukan pada tanggal 27 hingga 31 Juli di GOR Soemantri Brodjonegoro, dan tanggal 1 hingga 12 Juli di Lapangan Eks IRTI Monas.

Selanjutnya mereka akan mengikuti pemusatan pelatihan yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 12 hingga 16 Agustus 2015, sebelum akhirnya mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan kemerdekaan RI ke-70. (ren)

Ahmad Dhani: Pengunjuk Rasa Terbelah Dua
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016