Tangerang Selatan Punya Polres Sendiri, Ini Alasannya

Markas Polres Tangerang Selatan
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA.co.id - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, bersama Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Dianyi, meresmikan Polres Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 19 Agustus 2015.

Alasan Polisi Tetap Sidik Kasus Dugaan Penipuan Wanita Emas

Tito mengatakan, pembangunan Polres Tangsel dirasakan sebagai momentum yang tepat karena wilayah Tangerang Selatan akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

"Pembentukan Polres Tangsel momen yang tepat karena Desember nanti Polres Tangsel atau Kota Madya Tangsel jadi salah satu dari wilayah yang melaksanakan pilkada dari 269 provinsi, kota/kabupaten," ujar Tito kepada wartawan usai meresmikan Polres Tangsel. Rabu 19 Agustus 2015.

Antisipasi Ricuh, Polisi Gelar Nonton Bareng Berhadiah

Dengan adanya Polres dan Kapolres Tangsel ini, maka tidak akan ada keraguan lagi mengenai siapa penanggungjawab pengamanan pilkada kelak.

Selain itu, kata Tito, hari ini menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Tangsel. Karena di hari ini Tangsel telah resmi memiliki satuan kepolisian setingkat Polres,  setelah cukup lama berdiri sebagai Kotamadya pada 2008. "Jadi cukup jauh tujuh tahun perjalanannya," ungkapnya.

Kapolda Jamin Keamanan Sopir Taksi dan Ojek Online

Hari ini juga lanjut dia, menjadi hari bersejarah bagi Polda Metro Jaya karena anggota Polres dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya juga ikut bertambah.

"Hari ini bersejarah juga bagi dua polsek yang ada di lingkungan sekitar. Dua polsek dari Polres Metro Jakarta Selatan resmi keluar dari Polres Jakarta Selatan dan bergabung ke Polres Tangsel yaitu Polsek Pamulang dan Polsek Ciputat," jelas Tito.

Kemudian, tiga polsek yang berada di wilayah Polres Tangerang Kabupaten yaitu Polsek Pondok Aren, Serpong dan Cisauk akan bergabung dengan Polres Tangsel.

Mantan Kapolda Papua itu menambahkan, Polres Tangsel ini dibentuk dengan berbagai pertimbangan dan alasan. Diantaranya, perkembangan wilayah yang menjadi penyangga Ibu Kota ini sangat pesat.

"Jarak antara Tangsel dan DKI Jakarta sangat dekat sehingga dinamika di Jakarta berdampak juga di Tangsel. Itu juga yang menjadi pertimbangan pada 2008 Tangsel dibentuk Kotamadya," imbuhnya.

Polres Tangerang Selatan ini nantinya diharapkan dapat bermanfaat untuk mendukung program pembangunan dan rangka cipta keamanan dan ketertiban masyarakat. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya