Ahok Pamer Kecanggihan HP, Dua Menteri Diam

Basuki Tjahaja Purnama bersama Rizal Ramli
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memamerkan kecanggihan sistem Jakarta Smart City yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI kepada Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Ahok, sapaan akrab Basuki, membuka laman Jakarta Smart City melalui aplikasi peramban di telepon genggam (HP). Ia kemudian menunjukkan tampilan kamera CCTV berdefinisi tinggi di salah satu aliran Sungai Ciliwung kepada Rizal dan Arief.

"CCTV kita ini betul-betul canggih, Pak," ujar Ahok di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Agustus 2015.

Sebelumnya, Ahok menjawab pertanyaan Rizal tentang upaya DKI menjaga kebersihan 13 aliran sungai di Jakarta dalam rangka secara bertahap mempersiapkan ketigabelas aliran sungai itu sebagai salah satu destinasi wisata maritim di Jakarta.

Menkominfo Lunasi Janji kepada Ahok

Baca juga:

Ahok kemudian menerangkan melalui tampilan kamera CCTV di sistem Jakarta Smart City yang bisa diakses siapapun, para petugas di Pemprov DKI terus memonitor kebersihan sungai-sungai.

Saat ditemukan gundukan sampah, Ahok mengatakan, Pegawai Harian Lepas (PHL) Dinas Kebersihan akan segera ditugaskan untuk mengangkut tumpukan sampah tersebut.

Ahok mengatakan, melalui tampilan kamera CCTV, DKI juga bisa mendeteksi siapa PHL yang telah berjasa membersihkan. Tidak hanya di beberapa titik aliran sungai

Menurut Ahok, DKI sejak tahun lalu juga terus memasang 6.000 kamera CCTV serupa di seluruh penjuru Jakarta untuk terus mengawasi situasi kota. "Ini sudah bukan kayak film 'Mission Impossible' lagi, Pak. Kita terus pasang 6.000 kamera CCTV seperti ini," ujar Ahok sambil menunjuk-nunjuk layar telepon pintarnya.

Vodafone Jajal Peruntungan di Jakarta

Melihat kecanggihan sistem Jakarta Smart City yang dipamerkan Ahok itu, Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Pariwisata Arief Yahya hanya terdiam. Selengkapnya:

Cerita Ahok Bangun Jakarta Smart City

Ide pembangunan Jakarta Smart City terinspirasi dari blusukan Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2016