Ahok Tantang Menteri Keuangan Debat Soal LRT

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan kembali melakukan pertemuan dengan unsur dari pemerintah pusat untuk membicarakan kelanjutan rencana pembangunan moda transportasi kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) hari ini.

Basuki alias Ahok mengatakan, rencana pertemuan hari ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang telah ia lakukan dengan beberapa anggota Kabinet Kerja di Istana Negara pada Selasa, 18 Agustus 2015.

Dalam pertemuan nanti, Ahok akan kembali mempersoalkan skema pembiayaan yang pada hari Selasa kemarin diusulkan pemerintah pusat untuk membangun proyek moda transportasi berbasis rel tersebut.

"Saya mau debat sama Menteri Keuangan nanti," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Kamis, 20 Agustus 2015.

Seperti diketahui, dalam pertemuan sebelumnya, pemerintah pusat hanya bersepakat memberi penyertaan modal sebesar Rp1,5 triliun kepada PT Adhi Karya selaku BUMN yang akan menangani pembangunan infrastruktur.

Digusur Kereta Cepat, Anggaran LRT Dijamin Tak Bengkak

Baca juga:

Padahal, Ahok mengatakan, untuk membangun moda transportasi LRT, diperlukan modal setidaknya hingga Rp7 triliun.

Ahok mengaku, tidak setuju dengan rencana pemerintah pusat menambal kekurangan modal dengan cara mengajukan pinjaman ke bank. Cara itu, kata dia, berisiko karena pemerintah, dikhawatirkan nantinya perlu mengembalikan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar beserta bunga.

Saat pengembalian pinjaman itu bermasalah, Ahok mengatakan bukan tak mungkin pembangunan LRT nantinya akan mandek seperti pembangunan monorel. "Saya enggak mau LRT berantakan lagi seperti monorel," ujar Ahok.

Berdasarkan jadwal Gubernur DKI yang dirilis oleh situs resmi humas Pemerintah Provinsi DKI, Ahok dijadwalkan untuk melakukan pertemuan itu pada pukul 16.00 WIB. Pertemuan akan diselenggarakan di Ruang Rapat Mahakam Gedung AA Maramis, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2 - 4 Jakarta Pusat. Pertemuan akan dihadiri pula Menko Bidang Perekonomian dan Menko Maritim.

Ahok Minta Jokowi Buat Perpres Proyek LRT
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan

Menhub Jonan Larang Adhi Karya Jadi Operator LRT

Dalam Perpres, Adhi hanya ditetapkan sebagai kontraktor.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016