Hadiri Lebaran Betawi, Ahok Dihadang Pendekar Bamus

Gubernur DKI Jakarta Basuki Purnama Ahok baju Betawi e-money
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 'dihadang' oleh jagoan yang dipersiapkan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi saat hendak menghadiri acara Lebaran Betawi yang diselenggarakan di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 23 Agustus 2015.

Silat Betawi Terancam Punah?

Karena dihadang, Ahok, sapaan akrab Basuki, beserta rombongan yang terdiri dari istrinya, Veronica Tan, beserta beberapa jajaran pejabat Pemerintah Provinsi DKI, tidak bisa masuk rumah khas Betawi yang khusus dipersiapkan bagi para tamu yang hendak mengikuti acara yang diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Betawi sambil merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Beruntung, Ahok juga membawa jagoannya sendiri. Setelah beradu pantun dan beradu silat, akhirnya Ahok dipersilakan mengikuti acara yang telah diselenggarakan untuk kedelapan kalinya itu.

Cuma Ali Sadikin Gubernur yang Sayang Budaya Betawi

"Kalau Pak Gubernur udah niat, kami persilakan dengan senang hati," ujar jagoan itu.

Ahok pun segera melanjutkan perjalanannya. Ia melempar senyum dan tak jarang menepi untuk menyalami masyarakat yang berbaris menyaksikan acara palang pintu yang baru saja dilaksanakan untuk menyambutnya.

Sepotong Ikan Gabus, Tanda Anak Gadis Sudah Dilamar

Ahok duduk di bangku terdepan sebuah bangunan rumah khas Betawi. Nampak hadir pula, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD Muhammad Taufik, Sekretaris Daerah Saefullah, seluruh Walikota dan Bupati di lingkungan DKI, beserta para tokoh ulama dan tokoh Betawi.

Acara Lebaran Betawi merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Bamus Betawi dan Dinas Olahraga dan Pemuda DKI. Dalam acara tahun ini, 6 wilayah DKI, termasuk Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, menggelar berbagai pertunjukan seni dan budaya Betawi seperti prosesi palang pintu, orkes Melayu Brantas, sajian musik Gambang Kromong, Samrah Betawi, Gambus, Keroncong Tugu, Lenong, dan layar tancap.

Acara Lebaran Betawi telah diselenggarakan sejak Sabtu kemarin, 22 Agustus 2015. Hari ini, Ahok rencananya akan menutup acara ini sekaligus memberikan penghargaan kepada tokoh Betawi Alm H Amarullah Asbah yang telah menggagas acara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya