Ini Bangunan yang 'Haram' Dirobohkan di Kampung Pulo

Musala di Kampung Polo tak dirobohkan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat
VIVA.co.id
Salahnya Jakarta Cuma Satu, Gubernurnya Bernama Ahok
- Salah satu musala yang berada di Gang 5 Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur sampai saat ini masih berdiri kokoh. Bangunan di kiri dan kanan musala tersebut telah hancur dan rata dengan tanah, tetapi hanya bangunan ini yang tidak tampak rusak sedikit pun.

Rizal Ramli tentang Ahok: Serahkan pada Tuhan Menghukumnya

Saat ini, kondisi musala yang biasa disebut warga dengan sebutan musala gang 5 ini, tampak sangat memprihatinkan. Musala berukuran kurang lebih 6x4 meter persegi dan berjumlah dua lantai ini, kini terlihat dipenuhi debu.
Ahok Tak Peduli Rusuh, Pasar Ikan Harus Ditertibkan


Tini (39), salah satu warga yang tinggal dekat dengan musala tersebut, mengatakan musalah itu merupakan bangunan baru dan dibangun dengan tujuan untuk memudahkan warga sekitar untuk beribadah.


"Musala ini baru, belum sampai puluhan tahun. Dibangun, agar
warga sini enggak jauh-jauh
nyari
musala," kata Tini pada
VIVA.co.id
, saat ditemui di Lokasi Kampung Pulo Senin, 24 Agustus 2015.


Tini juga mendengar kabar bahwa musala ini segera dirobohkan, jika para warga dan ahli waris setuju untuk memindahkan ke tempat yang lain.


"Kemarin, katanya ini mau dibongkar juga, tetapi menunggu persetujuan ahli waris, kalau ada tempatnya dan mau dipindahkan, mungkin ini bakalan di bongkar," ujarnya.


Tini juga berharap, musala ini tidak dipindahkan, atau digusur. "Semoga enggak sampai digusur.
Biarin aja
ini tetap ada di sini jangan sampai kena
dihancurin
," kata dia.


Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta melakukan pembongkaran terhadap semua bangunan di Kampung Pulo yang didirikan di Bantaran Kali Ciliwung. Namun, Pemprov DKI Jakarta berjanji tidak akan membongkar, atau merobohkan masjid, musala, dan makam yang ada di sana sebelum ada pembicaraan khusus dengan parah warga, tokoh masyarakat dan para ahli waris. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya