Awas, Ada Daging Busuk Dijual di Carrefour

Daging Busuk
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Dituding Jual Daging Busuk, Ini Penjelasan Giant
- Sebanyak enam kilogram daging busuk ditemukan saat Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan(KPKP) Jakarta Pusat saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) daging ke sejumlah supermarket di Jakarta Pusat, Hari ini, Rabu, 2 September 2015.

Carrefour Jamin Daging yang Mereka Jual Aman

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Muljadi mengatakan, enam kilogram daging busuk tersebut ditemukan saat menggelar sidak daging di Carrefour Duta Merlin, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.
Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga


Namun, sayangnya, petugas yang terlibat dalam sidak itu tidak memberikan sanksi apa pun selain memberikan surat peringatan kepada pengelola Carrefour Duta Merlin.


Muljadi menuturkan, dengan surat peringatan itu, jika pengelola Carrefour kedapatan menjual daging seperti itu lagi dikemudian hari, pihaknya tak segan- segan melaporkan hal tersebut ke kepolisian.


"Kalau besok ditemukan lagi, maka kami akan lapor polisi. Ini bisa dikenakan dengan UU Perlindungan Konsumen," kata Muljadi, Rabu, 2 September 2015.


Dari pantauan
VIVA.co.id
, daging yang busuk tersebut diketahui merupakan daging ayam, empat pak paru, serta daging sapi. Daging terlihat penuh dengan jamur dan berwarna biru.


Selain ditemukan daging busuk, ternyata Carrefour Duta Merlin pun didapati juga belum mengurus surat izin berjualan daging. Hal tersebut tentunya membuat sejumlah daging yang dijual di sana sangat lemah pengawasan dan rentan akan sejumlah penyakit berbahaya.


"Surat izin berjualannya sudah mati sejak November 2014, hingga kini belum diperpanjang, padahal ngurusnya sudah mudah di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu)," katanya.


Muljadi menjelaskan, pihaknya menargetkan semua toko daging, bukan hanya supermarket harus memiliki sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV), yang merupakan sertifikat yang menandakan terpenuhinya syarat higienis, santitasi, dan halal.


"Hari ini, kita buatkan surat pernyataan kalau mereka akan mengurus surat batas waktu Senin depan. NKV itu, syarat berjualan dagingnya," katanya.


Sementara itu, terkait penemuan daging busuk tersebut, salah satu pegawai Carrefour Duta Merlin, Marisi Hutajulu mengaku tak tahu menahu. Ia bilang, dirinya sebenarnya sudah rutin melakukan pemeriksaan daging di tempatnya bekerja tersebut.


"Saya gak tahu bang kenapa ini jamuran dan busuk. Gak tau dari mesin pendingin, gak tau dari bunga es yang terlalu banyak," kata Marisi menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya