Pemprov DKI Sediakan Stan untuk Jualan di Balai Kota

Peta wisata Balai Kota DKI.
Sumber :
  • Dok: Biro Umum Setda Prov DKI
VIVA.co.id
Lazada Beri Jalur Globalkan Produk UKM Lokal
- Gubernur DKI Jakarta telah membuka secara resmi wisata Balai Kota pada Sabtu 12 September 2015. Kabar baiknya, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan sejumlah stan untuk para pengusaha usaha kecil dan menengah, agar dapat menjajakan produknya di Balai Kota tanpa dipungut biaya sewa alias gratis.

Bersaing di MEA, Koperasi Jadi Solusi Pengusaha Kecil

"
Soal UKM, Indonesia Perlu Belajar dari Korea
Nggak bayar, gratis,
free,
di kantor gubernur
kok
bayar. Kalau ada pungutan lapor, kalau perlu foto, nanti saya proses,
laporin
ke saya," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan DKI Jakarta, Irwandi, saat ditemui di Gedung Balai Kota DKI Jakarta.


Irwandi menjelaskan bahwa nantinya akan disediakan sebanyak 40 stan untuk para pengusaha, baik yang bergerak di bidang kuliner maupun kerajinan tangan.


"Ada 40 stan dengan yang di atas. Di atas ada multi produk, di bawah kuliner supaya
nggak
kotor. Ini UKM semua. Mudah-mudahan pengunjung ramai, kalau nanti berkembang, akan ada penambahan (jumlah stan)," tutur Irwandi.


Selain kuliner, beberapa produk yang ditawarkan dan masuk kategori multi produk seperti yang disebutkan Irwandi adalah produk-produk batik, kerajinan tangan, dan aksesori seperti gelang serta cincin.


Selain itu, Pemprov mempersilakan para pedagang kaki lima (PKL) yang ingin berjualan. “PKL nanti daftar ke kita, tempatnya di sini juga," ungkap Irwandi.


Ini merupakan kali pertama Pemprov DKI Jakarta membuka Balai Kota untuk wisata umum. Beberapa spot yang bisa dikunjungi warga jika ingin berekreasi ke Balai Kota antara lain adalah Taman Balai Kota, Gedung
Cityhall
, Balairung, serta beberapa ruang sejarah yang ada di kantor gubernur DKI ini.


Hari kunjungan wisata di Balai Kota hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu. Waktu kunjungan mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB untuk kunjungan ke dalam gedung. Sementara itu, untuk wisata di Taman Balai Kota dibuka hingga pukul 20.00 WIB.


Meskipun begitu, tidak semua ruang di Balai Kota bisa dimasuki pengunjung. Ruangan Kerja Ahok dan Wakil Gubernur Djarot Syaiful Hidayat tidak terbuka untuk umum.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya