KPAI: Jual Anak, Mental Orang Tua Jadi Penyebab

Ilustrasi anak
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Pakai Kacamata Khusus, Bayi Ini Tersenyum Lihat Ibunya
Kasus orang tua yang menjual anaknya terjadi di Jakarta Utara beberapa waktu lalu. Menurut Sekretaris Jenderal Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Erlinda, persoalan mental menjadi faktor yang menyebabkannya.

Aplikasi Ini Mampu Terjemahkan Arti Tangisan

"Yah, salah satu faktornya mental. Kalau menikah harus mempersiapkan semuanya terutama mental," ujar Erlinda kepada
Inikah Penyebab Bayi Tersenyum Saat Tidur?
VIVA.co.id, Rabu 16 September 2015.


Erlinda menegaskan kalau mental tidak siap maka akan sangat berpengaruh pada semuanya. Tapi jika mental sudah siap segala persoalan tentu bisa dihadapi bersama.


"Kalau pun misalnya uang tidak ada tapi mental siap, orangtua akan mencari jalan keluar bisa untuk biaya persalinan dan menghidupi keluarganya," ujar Erlinda.


Dia pun menyayangkan banyak masyarakat yang menikah pada usia yang terlalu muda. Terlebih mereka yang tidak mempersiapkan segala sesuatu pasca pernikahan dengan baik.


"Kalau nikah muda harus siap segalanya, jangan nikah muda nanti malah banyak masalah," ungkapnya.


Erlinda pun mengungkapkan bahwa banyak pasangan yang menikah secara tidak sah secara negara. Misalnya kasus di Jakarta Utara itu, kedua orang tua tersebut menikah siri.


"Jadi bagaimana dia mendapatkan pengetahuan mengenai pernikahan, bagaimana membangun rumah tangga yang bisa
survive
, siap segala hal dan memberikan edukasi lainnya, kebanyakan nikah mereka diam-diam," kata Erlinda.


Sebelumnya, aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara membongkar perdagangan anak dibawah umur dan mengamankan pasangan suami isteri (pasutri) di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Senin, 14 September 2015. Pasangan suami-isteri yakni Rani Sutika (18) dan Dedy Junaedi (20) ditangkap aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Utara karena menjual anak kandungnya yang baru lahir berusia 1 bulan 14 hari sebesar Rp7 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya