Kapolda Minta Ahok Benahi Transportasi Umum

Ilustrasi macet Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini
- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok untuk membenahi sistem transportasi publik di Ibu Kota. Permintaan ini menanggapi perihal kecelakaan bus kopaja yang memakan korban jiwa.

Tak Tahan Macet, Pejabat Ini Pilih Dibonceng Polisi

"Saya sudah sampaikan pada Pak Gubernur untuk memperbaiki sistem transportasi publik," kata Tito, di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta Jumat 18 September 2015
Polda Metro Jaya Pastikan Material Pembuatan SIM Tersedia


Menurutnya, pihak kepolisian hanya bertugas melakukan penegakan hukum, akan tetapi mengenai Pembinaan dan pembenahan transportasi publik berada di tangan Pemerintah Daerah (pemda) DKI Jakarta.


"Sehingga perlu melakukan pengaturan dan evaluasi terhadap transportasi publik di Ibu Kota, Jangan sampai kecelakaan karena ugal-ugalan. Kendaraan harus sesuai dengan uji kendaraan kir," jelas Tito.


Tito menyatakan Ahok telah membuat sejumlah strategi untuk pembenahan. Ia pun turut mendukung strategi tersebut selama tidak bertentangan dengan hukum dan meminimalisir pelanggaran hukum.


"Mereka banyak melakukan langkah-langkah dan kebijakan," ungkap Tito.


Salah satu kebijakan Ahok, lanjut Tito adalah membuat peraturan untuk menggabungkan  transportasi umum dengan Transjakarta.


"Selain itu membuat lebih banyak bus-bus besar daripada bus kecil termasuk standarisasi pengemudi," lanjut Tito.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya