Bangun Jakarta, Warga Minta Ahok Tiru Belanda

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • Instagram @Basukibtp

VIVA.co.id - Sejumlah warga Jakarta meminta, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mewujudkan konsep pembuatan kebun di atas gedung seperti yang baru saja ia tinjau dalam kunjungan kerjanya ke Belanda.

"Di Jepang seperti ini juga, Pak, rooftopnya dimanfaatin untuk sawah. Berkebun di tengah kota. Jika diaplikasikan di Jakarta bakal adem tuh, Pak," tulis pemilik akun Instagram @muntamah_sekar.

Warga lainnya mendukung ide serupa.

"Untuk jakarta hijau .... yuk pak ahok diaplikasikan diindo," tulis pemilik akun @elliseliem.

Kedua warga Jakarta itu menuliskan komentarnya di salah satu unggahan yang dikirimkan Ahok, sapaan akrab Basuki, ke akun Instagram resminya, @basukibtp pada Rabu, 23 September 2015.

Ahok mengunggah sebuah foto yang menunjukkan salah satu kegiatannya dalam kunjungan kerjanya selama empat hari ke negeri Belanda yang masih berlangsung saat ini.

Dalam foto, terlihat Ahok dan rombongan berada di tengah-tengah kebun hijau yang terletak di puncak sebuah gedung. Ahok mendengarkan penjelasan dari seorang wanita berjaket merah. Tampak mendampingi Ahok, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Tutty Kusumawati, dan Kepala Dinas Tata Air DKI Tri Djoko Sri Margianto.

"Kunjungan ke kebun di atap gedung, implementasi climate adaptation utk menampung hujan agar tidak menjadi air limpasan saja," seperti tertulis dalam unggahan di akun Instagram resmi Ahok itu.

Gedung di Belanda Kena Pajak Jika Biarkan Air Hujan Terbuang

Seperti diketahui, Ahok saat ini tengah melakukan kunjungan kerja di Belanda. Ia akan mempelajari banyak hal seperti cara Belanda menangani banjir, teknik pembuatan bendungan raksasa, proyek gasifikasi, hingga celah bisnis dalam proyek reklamasi dan pembangunan pelabuhan laut.

Pada hari terakhir kunjungan kerjanya hari ini, Ahok dijadwalkan meninjau langsung tanggul laut raksasa di Belanda yang telah dibangun negara itu sejak tahun 1925. Tanggul itu dibangun untuk mencegah rob.

Pesan Wali Kota Rotterdam untuk Ahok

Berdasarkan jadwal, Ahok akan terbang meninggalkan negara itu pada hari ini. Ia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Kamis esok, 24 September 2015. Ia akan kembali berkantor di Balai Kota pada Jum'at, 25 September 2015.

Di Belanda, Ahok Sindir Pejabat Pemilik Lamborghini Bodong
Gubernur DKI Jakarta saat kunjungan di Belanda

Ahok Sudah ke Belanda, DPRD DKI pun Mau ke Sana

DPRD ingin mengetahui bentuk Dam yang telah diusulkan Pemprov DKI.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2015