Alasan Ahok Pekerjakan Mahasiswa Jadi Staf Pribadinya

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempekerjakan beberapa mahasiswa pasca sarjana untuk magang menjadi staf pribadinya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan stigma korup, tertutup, dan pemalas yang selama ini, menurutnya, melekat pada diri politikus dan pimpinan daerah.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan
Dengan mempekerjakan pemagang, Ahok, sapaan akrab Basuki yakin mereka bisa melihat dengan jelas caranya bekerja. Tidak ada sekat antara meja kerjanya dengan tempat para pemagang bekerja.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
"Ini penting untuk menghilangkan stigma negatif. Dia satu ruangan kan dengan saya, dia bisa bebas keluar masuk, lihat keseharian saya bekerja," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Senin, 28 September 2015.

Dengan mempekerjakan mahasiswa, Ahok juga sekaligus mendorong anak muda untuk mau terjun ke dunia politik.

Dengan melihat cara bekerja, para pemagang bisa mengetahui bahwa dunia politik tidak selalu dipenuhi tekanan dari banyak pihak seperti yang diderita oleh politikus di Tanah Air.

Sebagai bekas politikus, Ahok selalu menekankan bahwa, baik itu anggota dewan atau pimpinan daerah, harus selalu setia kepada konstitusi, bukan konstituen.

Dengan mendorong para pemagang untuk terjun ke dunia politik, Ahok berharap mereka yang selama ini melihat caranya bekerja bisa mencontohnya jika menjadi seorang politikus yang memegang suatu jabatan.

"Kalau mereka sudah masuk dari sekarang, mereka bisa melihat kan gimana tipu menipunya oknum PNS, mainin berkas segala macam. Mereka bisa belajar dulu di sini," ujar Ahok.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, setiap hari Ahok memang diikuti oleh beberapa mahasiswa, pria dan wanita yang selalu turut serta dalam setiap acara yang dihadiri Ahok. Mereka terkadang menerima tamu, atau mempersiapkan bahan-bahan untuk dipaparkan oleh Ahok.

Ahok mengaku tidak menggaji mereka. Para pemagang hanya diberi uang transportasi yang berasal dari dana operasionalnya sebagai Gubernur.

"Saya cuma bantu mereka uang transportasi," ujar Ahok. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya