Pengemis Ini Punya 3 Kios dan Rumah di Jakarta

Sudin Sosial Jakarta Timur tangkap pengemis
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id - Seorang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang biasanya mengemis di kawasan Pasar Obor Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, berhasil diamankan Satgas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudinsos Jakarta Timur.

Pengemis tersebut diketahui bernama Muklis (70). Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Sudinsos Jakarta Timur, M Yasin, mengatakan PMKS tersebut sudah lama beroperasi di lokasi itu. Pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat melalui aplikasi  Qlue dan langsung meninjau ke lokasi.

"Setelah mendapatkan laporan itu, petugas kami langsung meluncur ke sana. Karena memang satgas kami sudah siap siang dan malam dalam menindaklanjuti laporan warga," kata Yasin, Selasa, 29 September 2015.

Setelah berhasil ditangkap, Muklis kemudian dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, petugas pun menginterograsi PMKS tersebut.

"Pas sampai sana, kita berhasil mengetahui selain dia punya tiga kios di daerah Kalisari Kecamatan Pasar Rebo, dia juga memiliki rumah permanen," kata Yasin.

Anak Korban Sindikat Pengemis Sudah di Rumah Aman

Yasin melanjutkan, Muklis termasuk keluarga yang mampu. Dia tinggal bersama ketiga anaknya. Sedangkan istri ada di Padang, Sumatera Barat.

Selain itu, pendapatan yang ia dapatkan perhari sampai Rp300 ribu, bahkan bisa lebih jika hari libur. Saat dilakukan penjangkauan, ia sudah mengantongi uang sebesar Rp320 ribu. Muklis juga mengaku bahwa baru tiga hari yang lalu ia pulang dari Padang.

"Ia biasa pulang ke Padang sebulan sekali untuk menemui istrinya. Berdasarkan keterangan yang kami peroleh dari Security dan tukang ojek dekat lokasi tersebut, Muklis berhasil menyekolahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi," ucap Yasin.

Yasin  mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberi di jalan. Karena melanggar Perda 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Tak sedikit pula kasus pengemis yang menjadi kaya dengan cara mengemis. Ia menyarankan jika ingin berbagi dengan sesama, salurkanlah ke lembaga-lembaga sosial yang terpercaya.

"Kami juga mengajak masyarakat agar melaporkan setiap ada PMKS di jalanan melalui aplikasi Qlue. Petugas kami akan menindaklanjuti laporan tersebut demi menjadikan Jakarta Bebas PMKS jalanan," kata dia.

Ilustrasi/Pengemis

Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap

Penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016