Polda Metro Siapkan Skenario Pengamanan Final Piala Presiden

Kapolda Metro bersama supporter bola
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Yanuar Nugraha

VIVA.co.id - Polda Metro Jaya siap mengamankan jalannya pertandingan final Piala Presiden 2015, jika acara tersebut diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Cari Sampingan, Banyak Supporter Nyambi Jadi Calo Tiket

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan, hingga saat ini panitia penyelenggara belum memutuskan lokasi acara tersebut.

"Baru saja kami melakukan rapat dalam rangka rencana pengamanan pertandingan final Piala Presiden yang dilangsungkan pada 18 Oktober 2015 di SUGBK. Memang, sampai pada saat ini kami belum mengetahui apakah pertandingan final itu dilangsungkan di SUGBK atau tempat lain. Mungkin sore ini atau malam ini ada keputusan," ujar Tito usai pertemuan tersebut di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 13 Oktober 2015.

Walaupun belum pasti, tetapi Tito menegaskan, Polda Metro Jaya dan rekan yang terkait tetap melaksanakan pematangan rencana lain bila skenarionya dilaksanakan di SUGBK.

"Kami belum tahu apakah di SUGBK itu pertandingan finalnya saja, yaitu perebutan juara satu dua yaitu Persib dan Sriwijaya, atau juga pertandingan perebutan juara tiga empat yaitu Arema lawan Mitra Kukar. Kami belum tahu apakah dua pertandingan dilangsungkan di sini," kata Tito.

Tito menambahkan, apa pun keputusan panitia nanti, kepolisian akan menyiapkan pengamanan.

"Dalam rapat ini, pihak yang terkait hadir dari pemda, Kodam Jaya, panitia pelaksana, dari Stadion Utama Gelora Bung Karno, Brimob, Korlantas Polri, kemudian suporter masing-masing kami undang untuk menyampaikan persepsi. Prinsipnya bahwa kalau dilaksanakan di GBK, kami semua siap melakukan pengamanan dan mudah-mudahan lancar," kata dia.

Sebelumnya, laga final Piala Presiden antara Persib Bandung lawan Sriwijaya FC dijadwalkan akan berlangsung di Gelora Bung Karno. Untuk itu, kepolisian diminta untuk menjaga pengamanan di lokasi pertandingan dan juga di akses jalan yang juga berpotensi menimbulkan bentrokan.

Jakmania Berulah Lagi di Hotel Mulia, DPR dan Parkir Senayan

Hal itu lantaran pendukung Persib Bandung yaitu Viking dan Bobotoh yang kerap tidak akur dengan pendukung Persija Jakarta, The Jak Mania. Selain SUGBK, dua tempat lainnya yang menjadi alternatif ajang final tersebut dijadwalkan berlangsung di Bali dan Solo.

Silaturahmi pemain persib dengan jokowi

Menpora: Piala Presiden Luar Biasa

"Kami sangat bangga ada pertandingan Piala Presiden."

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2015