Ini Cara Polisi Kawal Suporter Persib dan Sriwijaya ke GBK

Pasukan Brimob saat berbaris (foto Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id - Kepastian final Piala Presiden sudah ditentukan, Stadion Utama Gelora Bung Karno dipastikan menjadi tempat berlangsungnya partai antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC pada Minggu 18 Oktober 2015.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, untuk mengamankan jalannya pertandingan pihak Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Dua Polda terkait dengan kedatangan suporter Persib Bandung dan Sriwijaya FC ke Jakarta

"Suporter dari Bandung nantinya akan dikawal teman-teman dari Polda Jabar, kemarin kita juga mengundang Polda Jabar untuk ikut serta melaksanakan pengamanan," ujar Iqbal kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 15 Oktober 2015.

Selain Polda Jabar, pihak Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Banten, Polda Sumsel dan Mabes Polri.

"Kan pendukung Sriwijaya juga pasti datang ke Jakarta, maka dari itu akan kita kawal juga dan kalau dari jalan darat melewati Polda Banten juga, jadi Polda tersebut akan mengawal suporter ke sini (Jakarta) dan Polda Metro Jaya tentunya akan menyambut pengawalan dan pengamanan," kata Iqbal.

Iqbal menegaskan, pihak kepolisian akan menutup celah sekecil apapun adanya kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengacaukan pertandingan.

"Prinsipnya siapapun yang ingin mengacau dan berbuat melawan hukum akan kami tindak dengan aturan hukum," katanya.

Iqbal menghimbau untuk para suporter untuk menunjukan dan bersama mengamankan pertandingan final tersebut.

"Saya ingin menghimbau untuk suporter, kita tunjukan inilah momentum sepak bola indonesia, tentunya di GBK sebagai lambang supremasi sepak bola dan kita akan amankan bersama," ungkapnya.

Untuk suporter Persija Jakarta The Jak Mania, lanjut Iqbal, teman-teman The Jak Mania juga sudah menyampaikan akan menjadi tuan rumah yang baik.

"Dan saya imbau teman-teman dari pendukung Persib kita imbau menjadi tamu yang baik, polisi juga akan maksimalkan pengamanan di bantu dengan TNI," ujarnya.

Iqbal juga menuturkan, pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan untuk mengecek bahwa tidak ada barang-barang berbahaya masuk ke dalam GBK.

"Kita akan lakukan pemeriksaan untuk mengecek tidak ada barang-barang berbahaya yang masuk ke GBK, itu SOP (Standard Operating Procedure)-nya, kita akan lakukan pemeriksaan," kata Iqbal.

Sebelumnya, laga final Piala Presiden antara Persib Bandung lawan Sriwijaya FC sudah ditentukan dan akan berlangsung di Gelora Bung Karno. Untuk itu pihak kepolisian diminta untuk menjaga pengamanan di lokasi pertandingan dan juga di akses jalan yang juga berpotensi menimbulkan bentrokan.

Hal itu disebabkan lantaran pendukung Persib Bandung yaitu Viking dan Bobotoh yang terkenal tidak akur dengan pendukung Persija Jakarta The Jak Mania.

Antisipasi Ricuh, Polisi Gelar Nonton Bareng Berhadiah

(ren)

Persib Waspadai Duel Kontra PBR 'Disusupi' The Jak
Ketua Umum Jakmania, Richard Achmad Supriyanto (kanan) bersama Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Jelang Final, Ridwan Kamil Akrab dengan Ketua The Jakmania

Bobotoh akan padati GBK di final Piala Bhayangkara pada Minggu besok.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016