Proyek Waduk Besutan Jokowi di Pesisir Jakarta 'Mati Suri'

Waduk Ria Rio
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVAnews
VIVA.co.id
Akses Air Daerah Terpencil Akan Diperbanyak
- Proyek pembangunan waduk Marunda dan Rawa Kendal, di Cilincing, Jakarta Utara terhenti. Padahal, kedua proyek tersebut masuk dalam program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meminimalisasi banjir yang melanda daerah pesisir Jakarta.

30 Waduk Ditargetkan Selesai 2019

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Utara, Ahmad Ya'la mengatakan, proyek di kedua waduk pesisir Jakarta itu belum terhenti. Hanya saja, tengah fokus dalam pembebasan lahan.
Laporan Singkat Kinerja Kementerian PUPR 2015


"Ini tengah difokuskan terkait pembebasan lahan di atas lahan lima hektare," kata Ahmad saat dikonfirmasi, Jumat, 16 Oktober 2015.


Baca juga: Menurutnya, lahan tersebut dihuni 200 orang warga. Untuk itu saat ini pihaknya harus melakukan pembebasan lahan terlebih dulu.


Proyek tersebut, kata Ahmad dikepalai oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN), sehingga kelanjutan proyek tersebut tergantung dari pihak Penataan Kantor Lingkungan Hidup (PKLH).


"Dulu Pelayanan Perijinan Terpadu (P2T) nya memang Sekko yang megang. Sekarang kan tidak. Bisa ditanyakan juga kelanjutan proyeknya ke pihak Kepala Bagian (Kabag) PKLH," ujarnya.


Baca juga: Proyek waduk Marunda dan Rawa Kendal mulai dikerjakan di massa pemerintahan Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kedua proyek tersebut bertujuan mengantisipasi banjir rob yang sering melanda pesisir Jakarta Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya