Strategi TransJakarta Antisipasi Keramaian di Senayan

Stadion Utama Gelora Bung Karno
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Demo 4 November, Tol Dalam Kota Kosong
- Moda transportasi TransJakarta busway Koridor 1 (rute Blok M - Kota) dipastikan tetap beroperasi normal sepanjang hari ini. Meskipun saat ini akan terjadi keramaian di Senayan karena adanya pertandingan final Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada pukul 19.00 WIB malam, Minggu 18 Oktober 2015.

Kondisi Stadion Madya Senayan Tak Siap Buat Asian Games

Meski demikian, Kepala Humas PT. Transportasi Jakarta Prasetia Budi mengatakan TransJakarta mengantisipasi adanya situasi tidak normal di sekitar area Senayan sehubungan dengan adanya pula imbauan dari Kapolda Metro Jaya kepada masyarakat Jakarta agar menghindari area tersebut antara pukul 12.00 hingga 24.00 WIB hari ini.
Mobil Pick Up dan Dua Motor Gede Terbakar di Kemayoran


"Kita telah memiliki beberapa strategi untuk mengantisipasi terjadinya keadaan tidak normal di Senayan," ujar Prasetia saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh VIVA.co.id pada Minggu, 18 Oktober 2015.


Strategi yang dimaksud adalah pelambatan laju bus Koridor 1 bila situasi massa di Jalan Sudirman di depan Kompleks SUGBK memadat. Prasetia mengatakan TransJakarta juga akan mengalihkan jalur atau menghentikan operasi jika kondisi lalu lintas sangat tidak memungkinkan untuk dilalui.


"Kita selalu berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam mengambil keputusan terhadap operasi, sesuai kondisi dan situasi terkini," ujar Prasetia.


Seperti diketahui, dalam kunjungannya ke Balai Kota DKI Jakarta untuk menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada Jum'at, 16 Oktober 2015, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menghimbau masyarakat Jakarta untuk menghindari area Senayan hari ini pada pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB.


Hal itu dikarenakan adanya perkiraan konsentrasi massa yang besar dari pendukung kesebelasan Persib dan Sriwijaya FC yang berdatangan, hendak menyaksikan pertandingan. Lalu lintas diperkirakan juga turut memadat sebagai dampak kedatangan ratusan bus yang membawa suporter.


Berdasarkan pantauan dari dua kamera CCTV yang tersambung dengan sistem Jakarta Smart City, pada pukul 09.00 WIB, belum nampak kedatangan bus yang membawa suporter di Jalan Asia Afrika, jalan tempat masuknya kendaraan ke area SUGBK. Lalu lintas terpantau lancar dan tidak menunjukkan kepadatan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya