Ahok Pamer 'Ruang Ramah Anak' ke Ratu Denmark

Ratu Denmark Tiba di Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, hari ini dijadwalkan mendampingi Ratu Denmark, Margrethe II, ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Itu fasilitas milik Pemerintah Provinsi DKI yang terletak di Kelurahan Cideng.

Berdasarkan jadwal resmi Gubernur DKI yang dirilis oleh situs web humas Pemerintah Provinsi DKI, Ahok, sapaan akrab Basuki, dijadwalkan untuk mendampingi ratu yang telah naik tahta di negerinya sejak tahun 1972 itu ke RPTRA bernama 'Kenanga' yang terletak di Kotamadya Jakarta Pusat pada pukul 15.30 WIB.

Namun sebelumnya, pada pukul 11.00 WIB, Ahok dijadwalkan untuk menerima terlebih dahulu kunjungan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain di kantornya di Balao Kota DKI. Kepala LIPI menemui Ahok guna membahas rencana pelaksanaan Seminar Bandung Conference: Memory of the World and Emerging Forces.

Pada pukul 08.00 WIB, Ahok juga dijadwalkan untuk kembali meresmikan sebuah RPTRA. RPTRA yang akan diresmikan oleh Ahok hari ini, adalah RPTRA ke-6 yang pembangunannya diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi DKI pada tahun ini dengan memanfaatkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan swasta dan BUMD. RPTRA itu terletak di Jalan Buluh, RT 10, RW 016, Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur.

Pembangunan RPTRA merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi DKI di tahun 2015. Pembangunan taman terpadu yang ditargetkan bisa didirikan di setiap wilayah kelurahan di Jakarta itu dilakukan untuk menyediakan tempat berkumpul bagi warga.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Selain itu, keberadaan taman terpadu juga menyediakan ruang publik terbuka di tengah-tengah pemukiman.

Hingga saat ini, sudah ada enam RPTRA yang terbangun di seluruh Jakarta. RPTRA-RPTRA itu terletak di wilayah Cideng, Cililitan, Pulogadung, Kepulauan Seribu, Gandaria Selatan, dan Kembangan Utara.

Pemerintah Provinsi DKI berencana untuk membangun sebanyak 57 RPTRA lagi pada tahun ini. Sementara pada tahun mendatang, sebanyak 150 RPTRA direncanakan terbangun di seluruh Jakarta.

Pembangunan RPTRA pada tahun ini sepenuhnya menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan swasta kepada DKI. Pada tahun mendatang, sebagai antisipasi jika kondisi perekonomian memburuk, Pemerintah Provinsi DKI menyiapkan sendiri anggaran pembangunan RPTRA sebagai alternatif jika perusahaan swasta mengurangi anggaran CSR-nya untuk disalurkan membantu program pemerintah.

RPTRA Kenanga, Cideng, yang akan dikunjungi Ahok dan Ratu Denmark nanti sore, telah diresmikan Ahok pada Sabtu, 30 Mei 2015. RPTRA itu memiliki luas 2.600 meter persegi dengan fasilitas berupa lapangan futsal, arena bermain luar ruangan, taman, perpustakaan, ruang-ruang kegiatan, pendopo, dan musala. RPTRA itu juga dilengkapi kursi-kursi, tempat sampah, dan banyak tempat cuci tangan. (ren)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016