Ini Ciri-ciri Pengidap Paedofilia

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ahli kejiwaan Suzy Yusna Dewi mengatakan, peadofilia merupakan suatu bentuk kekerasan seksual, sebagai gangguan kepribadian atau perilaku ketertarikan seksual yang tidak wajar.

Guru Pencubit Anak Tentara Divonis 6 Bulan Percobaan

Dia mengatakan banyak sekali pelaku kejahatan seksual yang mengincar anak di bawah umur. Terbaru adalah kasus pembunuhan Putri dalam kardus.

Sebelum dibunuh oleh Agus Darmawan, Putri lebih dulu dilecehkan seksual dulu.

Bocah Telantar di Trotoar, Diduga Korban Perkosaan

Baca juga:

Cara Bentengi Anak dari Konten Negatif Media Sosial

"Orang dewasa mana pun bisa menjadi pelaku kekerasan seksual kepada anak. Korban biasanya mengenal pelaku paedofilia. Paedofil setidaknya usianya minimal 16 tahun dan minimal lima tahun lebih tua daripada anak, serta sudah berlangsung lebih dari 6 bulan, itu sudah masuk kategori paedofilia," ujar Suzy, di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015.

Suzy menegaskan, pengidap paedofilia kemungkinan besar psikopat, karena suka menyendiri dan enggan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
Kemudian, menurutnya, ciri-ciri pelaku paedofilia adalah 30 persen berasal dari keluarga yang dikenal oleh korban.

"Hanya 10 persen orang asing atau tidak dikenal korban. Kemudian pengidap ini memiliki karakter berupa ciri khas seperti pecinta anak, sayang anak, pasif-agresif, pemarah, dan suka permusuhan," kata dia.

Baca juga:

Karakteristik ini sebenarnya sangat mewakili karakter Agus Darmawan alias Agus Pea, yang kerap mengumpulkan anak-anak berusia di bawah 15 tahun untuk menjadi "asuhannya".

Terungkap Agus sebelum membunuh Putri sempat berusaha memperkosanya, namun usahanya gagal hingga akhirnya dia melakukan masturbasi dan merusak alat kelamin korban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya