Polisi Bongkar Gudang Gas Oplosan di Bekasi

Polisi bongkar pabrik gas oplosan di Bekasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Yanuar Nugraha

VIVA.co.id - Polisi menggerebek gudang penyuntikan gas ilegal di Kampung Selang Bojong RT1/1 Wanasari, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Kamis, 22 Oktober 2015. Penggerebekan ini dilakukan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan Polresta Bekasi.

Bright Gas 5,5 Kg Hadir di 25 Outlet Indomaret

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mujiyono mengatakan, informasi awal tentang gudang gas tersebut dari masyarakat sekitar. "Kami bersyukur, usaha yang dilakukan ini bisa terungkap sebelum tabung-tabung ini beredar luas," ujar Mujiyono di lokasi.

Menurut dia, modus pelaku adalah dengan cara menyuntik tabung gas 3 kg ke tabung gas 12 kg dan 50 kg. Hal itu baru berlangsung empat hari. "Kami bersyukur baru empat hari beroperasi, usaha ini kita ketahui. Kalau sudah berlangsung lama otomatis banyak pihak yang dirugikan karena pelaku menggunakan gas 3 kg yang disubsidi pemerintah," ujarnya menambahkan.

Bright Gas 5,5 Kg, Praktis dan Pas Bagi Penghuni Apartemen

Polisi mengamankan 20 orang di antaranya, satu orang pemilik sekaligus pemodal usaha dan lainnya, 19 karyawan yang bekerja mengoplos gas dari tabung gas 3 kg ke tabung gas 12 kg dan 50 kg. "Satu orang kita tetapkan sebagai tersangka berinisial B yang merupakan pemilik dan pemodal usaha gas ilegal dan kini sudah diamankan di Polda Metro Jaya berikut 19 karyawannya yang masih berstatus saksi," ujarnya.

Hasil pemeriksaan sementara, dalam empat hari beroperasi, sudah banyak disebar. Namun, masih di sekitar Bekasi. "Sudah ada yang disebar tapi belum banyak," ujarnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 huruf a,b,c Jo pasal 10 huruf a dan e UU RI No.8 thn 99 tentang Perlindungan Konsumen dan pasal 32 ayat 2 jo pasal 30 dan 31 UU RI No.02 tentang metrologi legal dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun kurungan penjara.

Hari Fauzan / Bekasi

Polda Sita 2.812 Tabung Gas dari Gudang Pengoplos
Ilustrasi petugas PGN melakukan pengecekan instalasi pipa gas

Harga Gas Turun, Penerimaan Negara Hilang US$104 Juta

Penurunan ini diberlakukan untuk harga gas industri.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2015