Bank of India Sunter Dibobol Karyawan, Rp.1 Miliar Digasak

Kapolres Jakarta Utara
Sumber :
  • Ade Alfath - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Bank of India cabang Sunter, Jakarta Utara, dibobol seorang pria yang tak lain salah satu karyawan bank asing itu. Pelaku menggasak dana tunai dengan nominal Rp.1 miliar.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Susetio Cahyadi, mengungkapkan pelaku telah ditangkap. Dia berinisial W.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku membobol bank tempat ia mencari nafkah saat libur Hari Raya Idul Fitri.

W dapat dengan mudah membawa lari uang senilai Rp.1 miliar, karena selama di Bank of India, dia bertugas memegang kunci brankas uang.

"Bank of India melaporkan ada uang kas yang hilang mendekati Rp. 1 miliar, setelah libur lebaran. Kemudian kita mencoba profile seluruh karwayan di dalam, dari hasil itu kita mengarah kepada satu karyawan yang memiliki otoritas untuk membuka brankas" kata Susetio di Mapolres Jakut, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Senin 26 Oktober 2015.

Menurut Susetio, tersangka W memasuki Bank tempat ia bekerja melalui plafon gedung. Ia masuk ke plafon melalui sebuah lubang yang tepat berada di sebelah bank. Pelaku ternyata sudah mengetahui seluk beluk keamanan gedung.

"Ia sudah merencanakan ini dengan baik, ada kamera CCTV di gedung itu dihancurkan dan direndam di dalam toren olehnya," katanya.

Setelah berhasil menguras uang dalam brankas bank, tersangka W sempat buron dan kabur ke wilayah Pantura lalu menuju kampung halamannya di Tegal, Jawa Tengah. Pelaku W sendiri dibekuk di rumahnya di daerah Tegal.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP Pidana tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam hukuman penjara selama 7 tahun.

[Baca juga: ]

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

(ren)

Kapolres Jakarta Utara

Maling Rp1 Miliar di Bank of India Mengaku Ingin Hidup Mewah

W membobol brankas yang setiap hari dia jaga dan lihat.

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2015