Stok Beras DKI Hanya Sampai Februari, Ini Respons Ahok

Bongkar Muat Beras di Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meminta masyarakat Jakarta tidak khawatir, meski Badan Urusan Logistik (Bulog) memprediksi stok beras saat ini hanya akan mencukupi kebutuhan DKI hingga Februari atau Maret 2016.

Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan, pemerintah pusat telah menjadikan Provinsi DKI Jakarta sebagai barometer ketersediaan pangan secara nasional.

Pada saat stok beras untuk Jakarta menurun hingga ke suatu titik tertentu, Bulog akan secara otomatis mengirimkan suplai hingga sebanyak 75.000 ton beras ke gudang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang bergerak di bidang distribusi beras di DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya.

"Seingat saya, kalau sudah sampai 25.000 ton atau berapa gitu, Bulog akan otomatis kirim ke kita," ujar Ahok usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Oktober 2015.

Ahok mengatakan, pengadaan stok beras dilakukan Bulog dengan cara impor. Fenomena El Nino yang menyebabkan kekeringan telah menyebabkan panen beras memang tidak bisa semaksimal tahun-tahun sebelumnya, sehingga pemerintah terpaksa impor.

"Kami jamin stok beras Jakarta aman, karena persediaan beras dari Bulog bisa selalu masuk ke Jakarta," ujar Ahok.

Sebagai informasi, pemerintah telah siap mendatangkan sebanyak satu juta ton beras dari Vietnam. Sementara itu, Bulog juga tengah bernegosiasi perihal jumlah beras yang akan diimpor dari Thailand.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahawa pemain keturunan tidak dibayar supaya mau dinaturalisasi dan membela TImnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024