Buruh Orasi Sambil Piknik di Istana Negara

Demo buruh di depan Istana
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Massa buruh dari berbagai kota di Indonesia memadati jalan Medan Merdeka Utara, depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Oktober 2015. Aksi buruh kali ini menuntut kesejahteraan, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober 2015.

Uniknya, karena jalanan ditutup di depan Istana Merdeka, massa buruh sembari berorasi dan berteriak menyampaikan aspirasi mereka juga "berpiknik" di depan istana. Ditambah lagi para pedagang kaki lima merangsek masuk ke jalanan, tidak hanya berjualan makanan, tapi juga berjualan pakaian serta aksesoris.

Para orator buruh berteriak mengancam akan melakukan aksi anarkis pada Jumat mendatang, jika demonstrasi mereka hari ini tidak digubris oleh pemerintah.

Hujan Perparah Kemacetan di Jakarta Pagi Ini

Baca juga:

Massa buruh dari Provinsi Jawa Barat juga mengancam akan menutup akses jalan menuju Jakarta. Itu jika tuntutan mereka tidak dikabulkan yakni upah yang layak.

"Buruh selalu digencet menjadi ajang sarana promosi. Buruh tidak bisa lagi dibodohi, buruh sudah cerdas," kata seorang orator buruh di atas kap mobil terbuka depan yang mereka sebut mobil komando, Rabu, 28 Oktober 2015.

Sementara di sisi lain, ratusan mahasiswa dari BEM se Indonesia juga mulai bergerak dari Patung Kuda. Mereka juga akan berkumpul di depan Istana Merdeka untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda.

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Baca juga:

Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016