Bom di Mal Alam Sutera Dirancang Sangat Mematikan

Polisi tunjukan barang bukti bom di Mal Alam Sutera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Yanuar Nugraha
VIVA.co.id
Bom di Alam Sutera Terkait Radikal China? Ini Kata Polisi
- Kepolisian mengungkapkan, LO, pelaku peledakan bom di Mal Alam Sutera sempat merencanakan peledakan mematikan di mal mewah itu.

Pembom Alam Sutera Butuh Uang Beli Mobil untuk Istri

Rencana peledakan bom mematikan itu terjadi pada 6 Juli 2015 lalu. Saat itu, LO menaruh bom rakitan berdaya ledak tinggi jenis TATP di rak barang-barang mudah terbakar dan beracun di dalam Mal Alam Sutera.
Bom Alam Sutera Bukti Teroris Tak Selalu Berjidat Hitam


"Pelaku menaruh bom rakitannya di sekitar kaleng Baygon dengan tujuan ada efek tambahan gas beracun dan efek ledakan yang berdampak luar biasa," kata Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti, Kamis 29 Oktober 2015.


Namun, rencana itu gagal dan banyak nyawa terselamatkan karena bom rakitan itu gagal meledak. "BB (bom) yang ditemukan gagal meledak," ujar Krishna.


Bom rakitan yang gagal meledak itu adalah bom dengan jenis yang sama dengan dua bom yang berhasil diledakan LO di Mal Alam Sutera pada 9 Juli 2015 dan kemarin, Rabu 28 Oktober 2015.


Polisi mengungkapkan, LO membuat bom dari bahan sederhana yang dapat ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari seperti cairan thinner untuk cat. Selama ini, LO telah berhasil merakit lima buah bom di rumahnya di Kota Serang, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya