Demo Buruh di Jakarta, Ikuti Jalur Bebas Macet Ini

demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Puluhan ribu buruh dan elemen mahasiswa hari ini akan melakukan unjuk rasa besar-besaran di Jakarta.

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Kepolisian Daerah Metro Jaya memprediksi titik konsentrasi massa terpusat di kawasan Istana Negara dan Gedung DPR, Jakarta Pusat.

"Ada sekitar puluhan ribu massa buruh yang akan berunjuk rasa di Istana dan Gedung DPR. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat menghindari sekitar lokasi demo jika tidak ingin terjebak macet," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal, Jumat 30 Oktober 2015.

Siap-siap Macet, Hari Ini Supir Angkutan Demo Lagi

Diperkirakan, massa mulai berunjuk rasa sekitar pukul 09.00 WIB. Untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar istana, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa pengalihan arus di sekitar lokasi demo.

"Pengalihan arus sifatnya situasional saja. Ketika terjadi kepadatan, maka kita akan alihkan," katanya.

Alasan Delapan Tukang Becak Ingin Terobos Istana

Berikut rekayasa pengalihan arus sekitar istana dan gedung DPR:

A. Penutupan sekitar Kebon Sirih - Sarinah

1. Arus kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Facherudin - KH Mas Mansyur, dan seterusnya. 

2. Arus kendaraan dari arah Jalan Agus Salim dialihkanke kanan Kebon Sirih - Tugu Tani, dan seterusnya.

Arus kendaraan dari Jalan abdul Muismenuju Jalan Medan Merdeka Barat melalui TL (trafficc light) Museum akan dialihkan ke Jalan Abdul Muis-Fachrudin dst.

3. Arus kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis menuju Sudirman - Thamrin dialihkan ke Jalan Fachrudin dst

4. Arus kendaraan dari arah Kwitang Senen yang menuju Monas, diputarbalikkan di Doorbrak Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur - gambir dst.

B. Harmoni dan sekitaran Istana Negara

1. Arus Kendaraan dari arah jalan suryo pranoto menuju jalan sudirman-thamrin diluruskan ke arah jalan juandda atau dialihkan ke kiri ke jalan gajah mada maup‎un ke kiri jalan KH Hasim Ashari-Grogol-Jalan S Parman maupun daan mogot dst

2. Arus kendaraan dari arah Hayam Wuruk yang ingin menuju Jalan Sudirrman-Thamrin dialihkan ke kiri menuju jalan Juanda - Jalan Pos- dr Sutomo -Gunung Sahari. Dst

3. Dari arah veteran yang ingin menuju Jalan Sudirman - Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto - Tomang-Balikpapan-Kyai Caringin-Tomang Raya- Jalan S Parmaan atau ke jjalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari - Grogol - Jalan S Parman Maupun Daan Mogor dst

4. Arus Kendaraan dari Jalan Veteran 1 menuju ke arah Harmoni diputarbalikkan menuju Jalan IR H Juanda dan diluruskan ke arah Pasar Baru. 

5. Arus kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Utara yang menuju ke arah TL Oteva diputarbalikkan menuju ke arah Jalan Veteran 1.

6. Arus kendaraan dari Jalan Medan merdeka Timur tak boleh masuk ke Jalan Medan Merdeka Utara, tetapi dibelokkan ke Jalan Perwira mengarah ke Lapangan Banteng

C. Bundaran HI

1. Arus kendaraan dari Jalan Sudirman ke Bundaran HI dialihkan ke Jalan Tanjung Karang - Kendal - Latuharhary atau Tanjung Karang Belok ke kiri ke Jalan Blora - kembali lagi ke Jalan Sudirman arah Semanggi. 

2. Arus kendaraan dari arah Jalan Kendal menuju ke Jalan Tanjung Karang ditutup dan dialihkan ke arah Jalan Blora - ke kiri menuju Jalan Sudirman arah Semanggi. 

3.Arus kendaraan dari Jalan Imam Bonjol dibelokkan menuju ke Jalan Pamekasan.

D. Gedung DPR/MPR

1.Fly Over Senayan : 

- Penutupan Jalan Gatot Soebroto arah barat.

- Kendaraan dari arah timur / dari Semanggi diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda.

- Kendaraan dari arah Selatan / dari Lapangan Tembak diarahkan lurus naik flyover ke arah Lakdogi atau balik arah melingkar dibawah Flyover‎.

2.Traffic Light Lapangan tembak : 

- Penutupan Jalan Gelora / belakang Gedung DPR/MPR RI.

- Kendaraan dari arah utara / dari arah flyover Senayan diarahkan ke Jalan Asia Afrika.

- Kendaraan dari timur / dari Jalan Asia Afrika diarahkan ke Jalan Gerbang Pemuda atau balik arah ke Jalan Asia Afrika lagi.

3.Traffic light Pospol Palmerah

- Penutupan Jalan Gelora / Belakang Gedung DPR/MPR RI.

- Kendaraan diarahkan lurus menuju Permata Hijau. 

4. Pertigaan Manggala Wanabhakti

- Penutupan Jalan arah Pospol Palmerah / Permata Hijau.

- Kendaraan diarahkan lurus ke arah Slipi.

5. Off ramp Pulo Dua / Jalan Tol : 

- Penutupan Off Ramp Pulo Dua.

- Kendaraann diluruskan ke arah Slipi/Tomang.

6.Off Ramp Dharmais

Arus kendaraan dalam tol yang datang dari arah barat menuju timur dikeluarkan melalui off ramp Slipi 2 yang selanjutnya dialihkan ke Jalan KS Tubun, Palmerah atau diputarbalik dibawah flyover Slipi, dan seterusnya.m

7. Off Ramp Tegal Parang

Arus kendaraan dalam tol yang datang dari arah timur menuju ke arah barat dikeluarkan melalui off ramp Tegal Parang yang selanjutnya dialihkan ke Jalan Rasuna Said maupun Mampang, dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya