Masih Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah Saat CFD

Suasana Bundaran HI saat Car Free Day.
Sumber :
  • VIVA/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor sering dimanfaatkan warga DKI Jakarta untuk berolah raga bersama teman, keluarga maupun anak-anak.

Intip Gaya Denny Sumargo Senam Bareng Warga Jakarta

CFD yang biasa dilakukan setiap hari Minggu tersebut diberlakukan dari pukul 06.00-11.00 WIB.

Tak jarang juga, akan melihat banyaknya acara di Bundaran HI saat CFD. Namun, ada hal yang cukup tak elok dilihat mata, yaitu permasalahan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

Air Meluap, Sampah Ciliwung Capai 31 Truk

Perilaku membuang sampah sembarangan oleh sejumlah orang yang tengah berolah raga di sekitar Bundaran HI masih sering dijumpai. Padahal, tempat membuang sampah di kawasan tersebut terlihat cukup banyak dan hanya berjarak beberapa meter.

Salah satu petugas kebersihan yang biasa membersihkan dan menyapu di sekitar Bundaran HI, Nurhayati (50) mengatakan, sampah yang berserakan saat CFD sudah menjadi hal yang biasa dijumpai.

KTT OKI Digelar, Car Free Day Tetap Diberlakukan

Bahkan kata dia, setiap Minggu, saat CFD, ia bersama petugas lainnya menyapu dan membersihkan sampah yang volumenya mencapai 2-3 gerobak.

Perempuan yang sudah bekerja sebagai tenaga penyapu selama dua tahun tersebut juga mengatakan, gerobak sampah dengan ukuran tinggi sekitar 1,5 meter dan panjang 2 meter tersebut selalu penuh dengan sampah yang mereka bersihkan dari jalan sekitar Bundaran HI.

"Kebanyakan sampah plastik dan botol minuman. Padahal ada tempat sampah, mau gimana. Memang ini kerja kami. Kalau sampahnya bisa 2-3 gerobak setiap CFD," ujar Nurhayati.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Sub Sektor Thamrin di Pospol Bundaran HI, IPTU I Nengah Brata. Dia mengatakan, setiap CFD, pihaknya sudah sering kali mengimbau melalui pengeras suara kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Setiap CFD pasti kami menghimbau berkali-kali untuk membuang sampah pada tempatnya. Tapi, sampahnya masih aja berserakan," ujar Brata, Minggu 8 November 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya