Polisi Tangkap Sindikat Penipuan Pejabat Negara

Polda Metro gelar jumpa pers terkait kasus-kasus penipuan yang dilakukan WNA.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA.co.id - Aparat Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap pelaku penipuan dengan korban beberapa pejabat.

Polda Metro Jaya Pastikan Material Pembuatan SIM Tersedia

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Krishna Murti mengatakan, pelaku yang berjumlah 16 orang itu ditangkap di tempat berbeda.

"Tiga tersangka ditangkap tadi malam di Bandung, kemudian berkembang 11 tersangka di daerah Cipanas. Selanjutnya ditangkap lagi tadi pagi di Cilincing dan Bekasi dua orang, jadi total 16 tersangka yang sudah diamankan," kata Krishna dalam keterangannya, Selasa, 10 November 2015.

Polda Metro Siap Tampung Laporan Soal Makam Fiktif

Krishna menjelaskan, para tersangka melakukan aksi penipuan melalui SMS atau telepon. Korbannya pun tidak main-main, beberapa di antaranya merupakan pejabat negara seperti Kepala Lemsaneg (lembaga sandi negara), Pejabat Kementerian Perindustrian, Pejabat Jasa Marga, Pejabat Dinas Perhubungan, Pejabat Angkasa Pura, Kapolres Aceh Tamiang, Kapolres Konaweh, Pejabat setingkat Bupati, Pejabat Dinas Kehutanan dan Anggota DPRD Palu.

Krishna mengungkapkan modus para tersangka adalah mengaku sebagai pejabat. "Mereka juga mengaku sebagai pejabat yang menyasar kepada pemenang lelang dengan cara googling LPSE dan mencari pemenang lelang di salah satu dinas Kabupaten atau Propinsi," ujarnya menambahkan.

Bongkar Prostitusi Gigolo, Polisi Sidik Pemilik Spa Pancoran

Para pelaku kemudian menghubungi 108 untuk menanyakan profil dari dinas tersebut. "Lalu para tersangka bertindak sebagai pejabat dinas tersebut dan menghubungi para pemenang lelang dengan minta biaya pemenang lelang."

(mus)

SIM keliling di Duren Sawit Jakarta Timur

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini

Layanan SIM keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016