Ahok: Jangan Jual Kemiskinan di Jakarta

Basuki Tjahja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak ingin orang-orang yang datang ke Jakarta hanya untuk 'menjual' kemiskinan dan menarik belas kasihan. Karena itu, siapa yang datang ke Ibu Kota harus memiliki tujuan bekerja.

Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi
"Semua orang yang datang ke Jakarta itu mesti kerja," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Rabu, 12 November 2015.

Menurutnya, petugas Dinas Sosial DKI pasti akan menciduk pendatang yang hanya sekadar berkeliaran di jalanan Jakarta dan meminta belas kasihan dari mereka yang bekerja.

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Meski demikian, Dinas Sosial juga tidak akan menelantarkan mereka. Pendatang yang terjaring razia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) akan ditampung di panti-panti dan akan diberi makan.

Bahkan, jika mereka memiliki tanggungan, kata Ahok, pemerintah akan menjamin kebutuhan kesehatan dan pendidikan.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Hanya saja, Ahok menekankan, meski menyediakan segala fasilitas itu, Pemerintah Provinsi DKI tetap tidak akan mentolerir keberadaan pendatang yang hendak menjadi gelandangan. Ahok mengatakan Ibu Kota terbuka bagi mereka yang memiliki keterampilan.

"Kalau Anda memang enggak punya rumah silakan, kami masih bisa tanggung. Tapi kalau Anda minta bantuan keuangan, kami tidak akan bantu," ujar Ahok. (ase)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya