Gizi Buruk, Ahok: Lu Sehat, Cucu Lu Nggak Dikasih Makan?

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Ahok Tak Izinkan Bocah Penderita Gizi Buruk Pulang dari RS
-  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tetap menyalahkan Tarminah (53) atas kondisi gizi buruk yang diderita cucunya, RGM (9).

Ahok Suruh Lurah Paksa Penderita Gizi Buruk Masuk RS

Ahok, sapaan akrab Basuki kembali menegaskan bahwa RGM tak mungkin menderita gizi buruk sejak lahir. Pasalnya nenek Tarminah yang diketahui merawat RGM sejak bocah itu berusia dua tahun, terlihat segar bugar saat Ahok menjenguk RGM di RSUD Koja pada Selasa, 10 November 2015.
Ahok: Orang Jakarta Baik, Tak Ada yang Kena Gizi Buruk


"Kalau neneknya gemuk-gemuk, sehat seperti itu, tapi cucunya gizi buruk, pasti ada masalah," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Kamis, 12 November 2015.


Ahok malah menuduh Tarminah sengaja menelantarkan RGM selama tujuh tahun merawatnya. RGM diketahui terlahir dengan berat badan 3,7 kilogram. Dengan berat sebesar itu, Ahok mengatakan, RGM saat ini seharusnya memiliki tubuh yang cukup gemuk seperti putranya saat ia berada pada usia yang sama.


"Nah artinya apa? Berarti selama 5 tahun dia (RGM) hidup dari usia balita, kamu (nenek Tarminah) enggak perhatiin dia. Lu begitu sehat, cucu lu enggak lu kasih makan?" ujar Ahok.


Ahok meminta Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) terlibat dalam kasus ini. Bila tuduhannya benar, bahwa RGM dimanfaatkan oleh neneknya untuk sekadar menarik belas kasihan yayasan sosial, maka nenek Tarminah tak ubahnya pengemis jalanan yang menyewa bayi kemudian menidurkan bayinya dengan memberi obat, hanya untuk menarik lebih banyak rasa iba agar orang-orang memberi uang.


"Kalau sudah begitu enggak benar. Saya kira Komisi Anak harus turun," ujar Ahok.


Diberitakan sebelumnya, Ahok membatalkan niatnya untuk menyantuni bocah RGM saat ia menjenguk bocah warga Cilincing itu di RSUD Koja pada Selasa, 10 November 2015.


Melihat kondisi sang nenek dan keinginannya untuk membawa pulang RGM, Ahok berubah pikiran. Ia menuduh nenek Tarminah hanya sekadar memanfaatkan kondisi mengenaskan RGM untuk menarik simpati orang-orang.


"Saya langsung tebak, 'ibu suka dapet bantuan dari yayasan-yayasan ya? Gara-gara cucu ibu seperti ini kondisinya?'. Dia bilang, 'iya pak, bantuan dari mana saja saya terima'," ujar Ahok pada Selasa, 10 November 2015.


RGM, yang badannya begitu kurus dan bentuk tulang belulangnya sampai terlihat, sebelumnya diketahui tidak diberi perawatan medis dan hidup dalam kondisi seperti itu di rumahnya.


Usai menerima laporan tentang RGM, Ahok meminta aparat wilayah Kecamatan Cilincing untuk mengambil paksa RGM agar dirawat di fasilitas kesehatan milik pemerintah.


"Saya bilang sama lurah, kalau ada anak kurang gizi, keluarganya enggak mau rawat, kita ambil paksa aja udah," ujar Ahok pada Senin, 9 November 2015. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya