Ini Pesan DPRD Sebelum DKI Buang Sampah ke Bogor

Rombongan truk sampah ke Bantar Gebang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI meminta, Pemerintah Provinsi DKI mempertimbangkan banyak hal sebelum bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor terkait persoalan sampah Jakarta.

Derita DKI Saat Truk Sampahnya Diadang Warga Cileungsi

Ketua Komisi D DPRD DKI, Muhammad Sanusi mengatakan, tempat pembuangan sampah harus mempunyai fasilitas pengolahan sampah.

"Kalau cuma TPS, nggak ada pengolahan nggak boleh, karena air tanahnya mencemari, kalau di Bantargebang walaupun tapi ada pengolahan," ujarnya di DPRD DKI, Jakarta, Kamis, 12 November 2015.

Truk Sampah Dihadang Warga Bogor, Ahok Ngadu ke Kapolda

Selain itu, Pemda DKI juga harus mempertimbangkan jarak dan rute jika harus membuang sampah ke Bogor. Namun, di sisi lain Bogor dinilai tempat yang paling masuk akal menjadi alternatif selain Bantargebang.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, setelah ada penawaran kalau sebagian sampah Jakarta dibuang ke Tempat Pengelolaan Pembuangan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Nambo, Bogor, Jawa Barat.

Ahok ke Pemkab Bogor: Jangan Kaya Preman

"Kita kan ada payung mitra praja utama, jadi kita bisa memberikan bantuan uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kepada wilayah yang masuk ke dalam itu, itu yang mau kita lakukan. Bantargebang, juga tetap jalan, yang Bogor juga kita siapkan," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

(mus)

Rombongan truk sampah ke Bantar Gebang

Jokowi Turun Tangan, Truk Sampah DKI Lancar ke Bekasi

"Pembuangan juga semakin mudah karena ada pengawalan dari polisi."

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015