Ahok Tak Kenal Deputi Barunya

Sumber :
  • Nuvola Gloria/Viva.co.id

VIVA.co.id -  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak mengenal Oswar Muadzin Mungkasa, pejabat baru Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.

Oswar, yang sebelumnya merupakan pejabat di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terpilih menduduki jabatan eselon I di Pemerintah Provinsi DKI melalui mekanisme seleksi dan promosi jabatan terbuka yang dimungkinkan berkat adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Saya pribadi sangat senang karena pelantikan ini adalah buah dari Undang-Undang ASN. Ini pertamakalinya kita mempraktikkan seleksi dan jabatan promosi terbuka. Hasilnya, Pak Oswar yang terpilih, yang saya sendiri tidak kenal," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Agung Balai Kota DKI, Jum'at, 13 November 2015.

Ahok mengatakan, keberadaan UU ASN yang turut ia susun saat masih menjadi anggota Komisi II DPR RI memang ditujukan untuk membuat pemilihan pejabat transparan dan menghilangkan potensi nepotisme.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Begitu pula dengan Oswar. Ahok mengatakan, Oswar adalah kandidat terpilih yang pantas menduduki jabatan tersebut. Ia menyingkirkan pesaingnya yang lain. Kandidat Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup yang lain, bahkan merupakan bekas calon Wakil Gubernur saat Ahok mengajukan diri untuk menjadi Gubernur Provinsi Bangka Belitung.

"Kandidat nomor tiga itu bekas cawagub saya. Padahal ia pintar, lulusan S1 ITB, S3 di Jepang. Kenapa tidak saya pilih? Karena berdasarkan hasil seleksi, saya mau pilih yang terbaik dari yang terbaik, saya tidak bisa pilih teman atau saudara," ujar Ahok.

Kepada Oswar, Ahok memberikan wewenang untuk membawahi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup. Ahok mengakui Oswar lebih pintar darinya di bidang tersebut. Maka dari itu, ia menyerahinya jabatan yang pernah diduduki Sarwo Handayani, bekas kandidat kuat Wakil Gubernur untuk Ahok saat Ahok menduduki posisi itu menggantikan Jokowi.

"Deputi harus memberi pertimbangan yang meringankan tugas-tugas kita di bidang tata ruang dan lingkungan hidup," ujar Ahok.

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016