Musim Hujan, Polda Metro Siapkan Satgas Banjir

Simulasi penanganan banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Anwar Sadat
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Polda Metro Jaya sudah membentuk satuan petugas banjir, dengan tugas mengantisipasi banjir yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, pihak Polda Metro Jaya sudah melakukan koordinasi dengan
Polda Metro Jaya Pastikan Material Pembuatan SIM Tersedia
stakeholders untuk mengantisipasi banjir.


"Saya sudah instruksikan pembentukan satgas penanganan banjir. Ujung tombaknya adalah Kepala Biro Operasi (Karoops). Karoops saya perintahkan untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder dari tingkat provinsi, Pemda, Kodam, BPBD (Badan Penanggulan Bencana Daerah) dan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya. Jumat 13 November 2015.


Rencananya, pada Rabu 18 November 2015, Tito akan melakukan rapat untuk memetakan di mana saja titik-titik rawan banjir.


"Nanti di tiap titik ini akan dibuat lagi satgasnya seperti di Kelapa Gading, Kampung Pulo dan Bukit Duri. Tetapi untuk banjir besar-besar akan ditangani Polda, misalnya dari di Kelapa Gading, Slipi, Grogol. Akan ditangani Polda karena dampaknya besar, Kalau dampaknya kecil, kami sudah minta Kapolres-Kapolres untuk membuat satgas yang sama dengan berbagai stakeholder terkait," kata Tito.


Mantan Kapolda Papua ini pun berharap kepada
stakeholders
seperti Pemda dan BPBD bisa segera menyambut langkah-langkah ini dengan cepat supaya satgas tersebut cepat terbentuk.


"Misalnya banjir di Kelapa Gading pada pengalaman tahun lalu, jangan sampai mendadak penanganannya. Jadi sudah ada satgasnya, siapa yang menangani banjir, siapa berbuat apa, evakuasinya bagaimana, pengalihan rutenya
gimana
, masalah logistiknya seperti apa. Itu sudah dipersiapkan sebelum peristiwa terjadi," ungkapnya.


Selain masalah banjir, Tito menambahkan, akan melakukan antisipasi dampaknya, yaitu macet karena genangan air.


"Kami sudah berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Metro Jaya, titik-titik banjir di mana saja lalu dibuat rekayasa lalu lintas, bagaimana untuk mengatasi supaya dampak kemcetannya tidak luas, segera di setiap titiknya dibuat opsi-opsi pengalihan rute dan ada komandan yang bertugas di titik-titik tersebut," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya