Pendapatan Fantastis Pengemis Pura-pura Buntung di Jakarta

Ilustrasi/Pengemis
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Satuan Tugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, menangkap seorang pengemis yang menggunakan modus kaki buntung di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, Sabtu malam, 14 November 2015.

Pengemis bernama Aris Setianto (27) itu mengaku tertarik berprofesi demikian lantaran mengaku mendapatkan hasil yang cukup memuaskan setiap bulannya.

"Penghasilan dari modus kaki buntungnya itu cukup besar. Sekira Rp150-200 ribu perhari. Dalam sebulan ia bisa dapat Rp4-5 juta hanya dengan mengemis," ujar Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Chaidir kepada wartawan, Minggu, 15 November 2015.

Kepada petugas, Aris mengaku jika dari hasil mengemisnya, digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. "Aris juga mengontrak rumah di sekitar Tanah Tinggi, Jakarta Pusat dengan bayaran Rp350 ribu perbulan," kata Chaidir.

Lebih lanjut, kata Chaidir, Aris mengaku telah melakukan aksi menipu orang dengan berpura-pura buntung sejak tahun 2008 silam. "Katanya, dia (Aris) enggak jera. Malah dia terus melakukan hal tersebut, karena pendapatannya itu cukup besar," ujar Chaidir.

Kini Aris tengah diperiksa di Panti Sosial Bina Insan Cengkareng Jakarta Barat. Aris akan mendapatkan pembinaan serta pelatihan keterampilan agar bisa terlepas dari pekerjaan yang tidak terpuji itu. (ase)

Waspada, Inilah Lima Modus Licik Para Pengemis
Ilustrasi/Pengemis

Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap

Penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016