Curhat Ahok Soal Kendala di Sodetan Kali Ciliwung

Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung - KBT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan kendala yang dihadapi dalam pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

Hadang Banjir, Proyek Normalisasi Ciliwung Dikebut

Ahok mengatakan, selain masalah salah satu bor yang tidak berfungsi, Pemda DKI juga terkendala pembebasan lahan.

"Nggak bisa masuk dua bor. Kita punya masalah cuma satu aja, Jakarta sudah terlambat karena sudah terlalu banyak menguasai lahan, kami mau geser orang, dia bilang gini, saya tahun 70 loh udah tinggal di sini," ujar Ahok di Balak Agung, DKI Jakarta, Senin 16 November 2015.

Menurut Ahok, banyak warga yang membangkang jika hendak digusur dari bantaran sungai. Selain itu, sungai-sungai di Jakarta juga semakin dangkal karena sudah lama tidak dikeruk.

"Kita kan mulai tahun ini sama tahun lalu mulai keruk besar-besaran. Itu ada masih banyak pembangkangan. Alat berat nggak kerja di atas 10 jam. Niatnya apa? Oknum PU pengen pake swasta," katanya.

Ahok pun menargetkan proyek Sudetan akan selesai di tahun 2017. "Saya harap 2016 makin bersih lah, tapi selsai 2017," ujarnya.

Pembuatan Outlet Sodetan Ciliwung-KBT Dimulai Awal 2016

 Petugas memeriksa mata bor pengerjaan sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur di arriving shaft (titik pertemuan) Jalan Otista III, Jatinegara, Jakarta.

Sodetan Ciliwung Molor, Ahok Salahkan Pemerintah Pusat

Proyek terganjal gugtan warga ke PTUN.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016