Ahok Punya Kartu Sakti untuk Korban Banjir dan Kebakaran

sisi lain banjir jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memberikan 'e-Natura' untuk pengungsi korban musibah banjir tahun ini. e-Natura merupakan kartu ATM dari Bank BRI yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI menyalurkan dana taktis penanganan musibah kepada pengungsi.

"Kita bisa lacak lokasi transaksinya," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Selasa, 17 November 2015.

Ahok menerangkan, mekanisme penggunaan e-Natura serupa dengan mekanisme penggunan bantuan non-tunai lain dari Pemerintah Provinsi DKI, seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Usai mendapat kartu itu, korban musibah bisa berbelanja kebutuhan seperti makanan hingga pakaian di lokasi toko yang ditunjuk. Pembelanjaan menggunakan metode non-tunai (debit).

"Termasuk untuk korban kebakaran juga, bisa kita kasih," ujar Ahok.

Dengan begitu, penggunaan dana bantuan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bisa dipastikan lebih tepat sasaran. Saat terdeteksi dana yang terdapat dalam kartu e-Natura digunakan untuk berbelanja kebutuhan yang tidak berkaitan dengan musibah, Pemerintah Provinsi DKI melalui pihak bank bisa melakukan pemblokiran penggunaan.

"Kalau saya kasih kemudian Anda pakai tidak sesuai, saya bisa tarik balik. Dengan ini (e-Natura), saya bisa ancam Anda kalau Anda main-main gunakan bantuan," ujar Ahok.

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016